Gubernur Wanita Dilirik Trump untuk Jabatan Dubes PBB

Arpan Rahman    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:22 WIB
donald trump
Gubernur Wanita Dilirik Trump untuk Jabatan Dubes PBB
Gubernur South Carolina Nikki Haley. (Foto: AFP/MANDEL NGAN)

Metrotvnews.com, Charlotte: Gubernur South Carolina, Nikki Haley, telah menerima tawaran presiden terpilih Donald Trump di posisi Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Pilihan Trump erat kaitannya dengan kecemerlangannya sang gubernur sebagai bintang baru di Partai Republik. Selama pemilihan pendahuluan, Haley mendukung Marco Rubio dan sempat dikabarkan berpotensi terpilih menjadi calon wakil presiden.

Haley merupakan putri dari imigran India dan secara terbuka bersikap kritis terhadap pendirian Trump soal keimigrasian dan Muslim.

Kendati demikian, pada Rabu 23 November, Trump memuji Haley sebagai seseorang yang bisa menyatukan masyarakat AS. 

"Dia juga terbukti terampil menyatukan berbagai tawaran politik dengan sebuah kesimpulan yang memuaskan, dan kita akan dapat banyak tawaran. Dia akan menjadi seorang pemimpin besar mewakili kita di panggung dunia," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Profesor ilmu politik Winthrop University Dr. Scott Huffmon mengatakan, memilih Haley adalah pilihan masuk akal bagi Trump.

"Trump dituduh benci pada wanita, dituding rasis, sehingga mendapatkan seorang wanita minoritas di jajaran pemerintahannya benar-benar bisa menjadi langkah yang baik," kata Huffmon dilansir WCNC, Kamis (24/11/2016).

Gubernur Wanita Pertama

Masih berada di luar sorot mata publik, Haley merilis berkata, "ketika Presiden percaya Anda memiliki kontribusi besar demi kesejahteraan bangsa kita, dan guna mewakili bangsa kita di dunia, jelas itu merupakan panggilan penting untuk diindahkan."

Menjadi gubernur wanita pertama di South Carolina, Haley dipuji atas tindakannya terkait insiden penembakan Charleston di Gereja Emanuel AME. Dia menjadi ujung tombak upaya menghapus Bendera Konfederasi (simbol rasisme) dari halaman gedung DPR negara bagian tersebut.

Tapi masih merebak pertanyaan tentang kualifikasinya di bidang kebijakan luar negeri. Huffmon menilai kualifikasinya lemah. 

"Pengalaman internasionalnya kebanyakan hanya pergi ke luar negeri mencari celah perdagangan untuk South Carolina," tuturnya.

Sambil menunggu penetapan resmi dari senat, Haley menegaskan akan tetap menjadi gubernur.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA