Pentagon Segera Selidiki Kasus Foto Bugil Marinir Perempuan

Sonya Michaella    •    Sabtu, 11 Mar 2017 18:00 WIB
amerika serikat
Pentagon Segera Selidiki Kasus Foto Bugil Marinir Perempuan
Ilustrasi. (Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Washington: Pentagon sesegera mungkin akan menyelidiki kasus foto bugil beberapa Angkatan Bersenjata perempuan yang kini viral di dunia maya.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis, sangat menyayangkan terjadinya hal ini dan mengutuk mereka yang terlibat dalam kasus ini, termasuk yang menyebarluaskan foto tersebut.

"Kurangnya rasa hormat terhadap martabat dan kemanusiaan dari sesama anggota Kementerian Pertahanan ini tidak dapat diterima dan bertentangan dengan satuan kohesi," kata Mattis, seperti dikutip Independent, Sabtu 11 Maret 2017.

Skandal ini pertama kali tersebar di Facebook dengan akun bernama 'Marinir Amerika'. Secara online, foto-foto ini disebarluaskan bahkan oleh anggota pria.

Beberapa foto diyakini diambil tanpa izin atau diam-diam, sementara yang lain terlihat memang ada kerja sama dengan sang objek namun disebarluaskan tanpa izin.

Terkuaknya skandal foto bugil Angkatan Bersenjata perempuan ini berawal dari laporan sejumlah marinir perempuan lainnya yang resah dengan menyebarnya foto-foto tersebut.

Pentagon juga menegaskan, akan menahan siapa pun yang terlibat dalam pengambilan dan penyebaran foto-foto tersebut.

"Jika yang berpartisipasi tertangkap, akan ditahan," tegas Pentagon lewat pernyataan resminya.

Seorang marinir, lanjut pernyataan itu, mempunyai gelar khsus dan sesuatu yang sulit diperoleh serta sangat dihormati di AS. Senat Komite Angkatan Bersenjata pun dijadwalkan akan menggelar rapat untuk membahas kasus ini secara khusus.


(FJR)