Revisi Kebijakan Kesehatan, Trump Pilih Bantuan Ahli Anti-Obamacare

Fajar Nugraha    •    Selasa, 29 Nov 2016 16:41 WIB
pemilu as
Revisi Kebijakan Kesehatan, Trump Pilih Bantuan Ahli Anti-Obamacare
Donald Trump akan kaji ulang Obamacare (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, New York: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan akan memilih pengkritik sistem jaminan kesehatan yang dibuat oleh Presiden Barack Obama. 
 
Trump pun memilih ahli yang dikenal anti dengan kebijakan yang dikenal sebagai 'Obamacare' itu. Ahli itu akan mengkaji ulang sistem kesehatan buah pemikiran Obama ini.

(Baca: Trump Pertimbangkan Pilih Kabinet dan Amandemen Obamacare).
 
Tom Price, merupakan ahli bedah ortopedi asal Georgia yang dikenal sebagai penentang keras Obamacare. Dia akan ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat.
 
Selain itu, Trump juga menunjuk Seema Verma untuk memimpin Centres for Medicare and Medicaid Services (CMS). Selama ini, CMS dikenal sebagai badan yang kuat untuk mengurus program kesehatan pemerintah dan standar asuransi.
 
Dengan kedua tokoh ini, Trump diperkirakan akan menjadinya mereka sebagai tim idaman, yang bisa membantunya menjabat sebagai Presiden AS pada 20 Januari. Sesuai dengan kampanyenya, Trump akan menarik aturan kesehatan yang dibidani oleh Presidenn Barack Obama yang disebut Affordable Care Act atau biasa disebut Obamacare.
 
Presiden terpilih Trump pun mengatakan akan menggantikan Obamacare dengan sistem yang lebih memberikan kendali kepada Medicaid. Selain itu dia juga akan memberikan keleluasaan kepada perusahaan asuransi menjual plafon asuransinya secara nasional.
 
Tetapi kedua posisi itu masih membutuhkan konfirmasi dari Senat AS. Pemerintah Trump pun harus mendapatkan persetujuan dari Kongres AS yang dipenuhi oleh politisi Partai Republik, untuk menarik dan menggantikan Obamacare.
 
Selama ini, Tom Price dikenal sebagai pendukung dari Trump sejak lama. Kini dirinya menjabat sebagai Ketua Komite Anggaran DPR AS.
 
"Price dikenal sebagai pendukung kredit pajak, serta memberikan dukungan untuk memperluas tabungan kesehatan dan mengajukan tuntutan reformasi untuk menggantikan Obamacare," sebut Express.co.uk, Selasa (29/11/2016).
 
Sebagai anggota Kongres, Price juga selalu berkampanye untuk Trump. Keinginan Trump untuk mengganti Obamacare, merupakan alasan utama dari Price untuk mendukung taipan properti itu.
 
Sementara Verma selama ini bekerja untuk Wakil Presiden terpilih AS Mike Pence, saat menjadi Gubernur Indiana. Verma dalam kebijakannya, lebih memilih untuk memperluas jangkauan Medicaid untuk warga miskin dengan menggunakan anggaran federal.  

 


(FJR)