Obama Pernah Ingatkan Trump agar Tidak Rusak Tatanan Internasional

Willy Haryono    •    Senin, 04 Sep 2017 17:01 WIB
donald trumppemerintahan as
Obama Pernah Ingatkan Trump agar Tidak Rusak Tatanan Internasional
Donald Trump berjabat tangan dengan Barack Obama di Gedung Putih, 10 November 2016 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Barack Obama mengingatkan Donald Trump agar menegakkan supremasi hukum dan tidak merusak "tatanan internasional". 

Pernyataan itu terungkap dari sepucuk surat yang dilayangkan Obama, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, ke penggantinya.

Mantan presiden memberi Trump tiga nasihat penting dalam surat yang ditaruh di Oval Office saat Obama meninggalkan Gedung Putih. Surat itu diterbitkan CNN, Minggu 3 September 2017.

"Kita berdua telah diberkati, dengan cara yang berbeda, dengan keberuntungan besar," kata Obama kepada penerusnya. 

"Tidak semua orang seberuntung ini. Terserah kita untuk melakukan semua yang kita bisa (demi) menapak lebih banyak tangga kesuksesan bagi setiap anak-anak dan keluarga yang bersedia bekerja keras," bunyi petikan surat itu, seperti dikutip Guardian.

Beralih ke hubungan internasional, Obama mengatakan kepada Trump -- yang telah menganut isolasionisme sepanjang kampanyenya -- bahwa, "kepemimpinan Amerika di dunia ini benar-benar sangat dibutuhkan."

Dia menambahkan: "Terserah kita, melalui tindakan dan teladan, untuk mempertahankan tatanan internasional yang terus berkembang sejak akhir Perang Dingin, di mana kesejahteraan dan keamanan kita bersandar."

Surat yang 'Indah'

Dalam poin ketiga, Obama mendesak penggantinya melindungi "institusi dan tradisi demokratis -- seperti aturan hukum, pemisahan kekuasaan, perlindungan yang setara, dan kebebasan sipil -- yang dimiliki leluhur kita."

"Terlepas dari dorongan dan tekanan politik sehari-hari, terserah pada kita untuk membebaskan instrumen demokrasi kita setidaknya menjadi sekuat yang kita bangun," tulis Obama dalam suratnya.

Pada Januari, Trump menyebut surat itu "indah" dan menyatakan akan menghargainya, sembari menambahkan: "Kami tidak mau memberi tahu pers apa yang tertulis dalam surat itu."

Obama mengundang Trump ke Gedung Putih beberapa hari setelah pemilihan presiden. Ia mengatakan kepada Trump, bahwa "kami sekarang akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu Anda sukses, karena jika Anda berhasil, maka negara ini berhasil."

Trump mengaku "sangat menghormati" presiden yang telah dikritiknya pada masa kampanye. Ia menyebut Obama, "orang yang sangat baik."


(WIL)