Trump Sambut 3 Tawanan yang bebas dari Korut

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 11 May 2018 11:42 WIB
amerika serikatkorea utara
Trump Sambut 3 Tawanan yang bebas dari Korut
Presiden Donald Trump (kiri) dan Ibu Negara Melania Trump (kanan) menyambut para sandera di pangkalan udara Washington. (Foto: New York Post).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyambut tiga warga AS yang menjadi tawanan di Korea Utara (Korut). Ketiganya dibebaskan usai Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berkunjung ke Korut pada Rabu lalu.

Trump dan Ibu Negara Melania Trump menyambut mereka di pangkalan udara Washington.

Terus terang kami tidak berpikir itu akan terjadi, namun ternyata ini semua benar terjadi," kata Trump, dikutip dari laman New York Post, Jumat 11 Mei 2018.

Trump juga sudah menghaturkan rasa terima kasihnya kepada pemimpin Korut Kim Jong-un. Dia mengatakan dengan dibebaskannya para tawanan, hubungan baru kedua negara telah terjadi.

"Ini adalah hal yang sangat luar biasa, di mana dia (Kim Jong-un) membebaskan orang-orang kami lebih awal," imbuhnya.

Usai pembebasan para warga AS tersebut, Trump mengumumkan di Twitter akan bertemu dengan Kim di Singapura pada 12 Juni mendatang.

"Pertemuan yang sangat dinanti antara Kim Jong-un dan saya sendiri akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni," cuit sang presiden.

Adapun ketiga warga AS yang berhasil dibebaskan adalah misionaris Kim Dong-Chul, Kim-Sang-duk atau yang dikenal sebagai Tony Kim, dan Kim Hak-song. Tony Kim ditahan pada 2017 lalu setelah sebulan mengajar di Universitas Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Pyongyang (PUST).

Kim Hak-song juga merupakan seorang pengajar di PUST. Dia ditahan pada Mei 2017 lalu saat hendak menaiki kereta api dari Pyongyang ke perbatasan China Dandong.


(WAH)