AS Tekan Tiongkok Jaga Perbatasan Korut

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 22 May 2018 15:47 WIB
nuklir korea utara
AS Tekan Tiongkok Jaga Perbatasan Korut
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendesak Tiongkok untuk menjaga perbatasan Korea Utara (Korut) saat pertemuannya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

"Tiongkok harus menjadi kuat dan perketat perbatasan Korea Utara sampai kesepakatan dibuat. Saya ingin pertemuan dengan Korea Utara menjadi sangat sukses, bahkan setelah ditandatangani," ucap Trump dalam akun Twitter, seperti dilansir dari laman NDTV, Selasa 22 Mei 2018.

Dia tidak menjelaskan signifikansi masalah perbatasan Korut-Tiongkok. Namun dia ingin agar pertemuan dengan Korut sukses tanpa hambatan.

Pekan lalu, Pyongyang mengancam akan membatalkan pertemuan dengan Washington jika terus didesak mengenai denuklirisasi. Meski demikian, Trump hingga saat ini masih terus menenangkan Kim Jong-un agar pertemuan keduanya berhasil.

Pyongyang mengancam karena masih ada latihan militer bersama antara AS dan Korea Selatan (Korsel) di dekat wilayah demiliterisasi.

Sementara itu, Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan bahwa Presiden Donald Trump bisa saja membatalkan pertemuan puncak bersejarah dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Pence mengungkapkan, Korut seharusnya tidak berusaha mencari konsesi dengan AS, seperti yang telah dilakukan sebelumnya terkait dengan latihan militer AS di Semenanjung Korea.


(WIL)