Rusia Veto Resolusi PBB soal Senjata Iran untuk Yaman

Arpan Rahman    •    Selasa, 27 Feb 2018 12:52 WIB
politik rusiakonflik yaman dk pbb
Rusia Veto Resolusi PBB soal Senjata Iran untuk Yaman
Dubes Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia dalam pertemuan DK PBB di New York, 22 Februari 2018. (Foto: AFP/TIMOTHY A. CLARY)

New York: Rusia memveto kerangka resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Iran yang dinilai melanggar embargo senjata Yaman. Iran dinilai gagal dalam mencegah masuknya misil serta senjata lainnya ke Yaman. 

Kerangka resolusi yang disponsori Inggris ini diveto Rusia pada Senin 26 Februari 2018. Resolusi mencakup janji adanya tindakan tegas atas pelanggaran Iran terhadap embargo senjata PBB untuk Yaman.

Seperti dikutip Fox News, Amerika Serikat (AS) menilai veto dari Rusia ini sebagai tindakan "jahat."

Inggris mensponsori resolusi ini berdasarkan laporan panel ahli PBB mengenai Yaman yang dirilis awal bulan ini. Laporan itu mencatat Iran tidak mematuhi embargo senjata yang ditetapkan dalam resolusi DK PBB. 

Menggantikan Dubes AS untuk PBB Nikki Haley yang sedang mengunjungi Amerika Tengah, Kelley Currie mengatakan bahwa, "hak veto Rusia ini hanya berfungsi untuk melindungi Iran dalam mengacaukan kawasan dan menyebarkan pengaruh jahatnya."

Ada empat negara yang tidak mendukung kerangka resolusi ini. Rusia dan Bolivia menentangnya, sementara Tiongkok dan Kazakhstan abstain. "

Currie mengucapkan terima kasih kepada 11 anggota DK PBB yang mendukung resolusi.


(WIL)


Strategi AS Tandingi Tiongkok di Afrika

Strategi AS Tandingi Tiongkok di Afrika

20 minutes Ago

Amerika Serikat mengumumkan strategi baru untuk Afrika, benua yang belakangan banyak dirangkul…

BERITA LAINNYA