Usai Diampuni, Fujimori Dirawat akibat Masalah Lambung

Willy Haryono    •    Sabtu, 30 Dec 2017 12:08 WIB
politik peru
Usai Diampuni, Fujimori Dirawat akibat Masalah Lambung
Polisi bersiaga di depan rumah sakit tempat Fujimori dirawat di Lima, Peru, 27 Desember 2017. (Foto: AFP/ERNESTO BENAVIDES)

Lima: Mantan presiden Peru Alberto Fujimori masih akan berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan lanjutan. Sebelumnya, Fujimori dibawa dari penjara ke rumah sakit akibat tekanan darah rendah dan ritme abnormal organ jantung. 

Fujimori, yang menjalani vonis 25 tahun penjara dalam kasus pembunuhan dan pelanggaran hak asasi manusia, diampuni pemerintah atas dasar alasan kemanusiaan. 

Pengampunan diberikan Presiden Pablo Kuczynski, beberapa hari usai dirinya selamat dari upaya pemakzulan. 

Alejandro Aguinaga, dokter Fujimori, mengatakan bahwa tes medis terhadap mantan presiden menunjukkan adanya "tiga perubahan terkait masalah di bagian perut." 

Seperti dikutip AFP, perawatan telah dimulai dan Fujimori diharapkan dapat melewati serangkaian prosedur medis dalam beberapa hari ke depan. 

Keputusan mengampuni Fujimori, tokoh yang memimpin Peru dari 1990-2000, meningkatkan ketegangan politik di negara tersebut.

Keluarga dari korban-korban kekejaman Fujimori mengecam pengampunan. Namun Fujimori masih dihormati banyak warga Peru atas jasanya memimpin gerakan melawan gerilyawan sayap kiri di masa lalu.

Langkah mengampuni Fujimori diambil Kuczynski beberapa hari usai anak Fujimori, Kenji, abstain dalam pemungutan suara terkait pemakzulan. 

Beberapa anggota parlemen mengikuti langkah Kenji, sehingga oposisi kehilangan suara yang dibutuhkan untuk melengserkan Kuczynski.

 


(WIL)