Dituding Dalang Demo Iran, AS Masih Bungkam

Sonya Michaella    •    Rabu, 03 Jan 2018 09:09 WIB
politik iraniran
Dituding Dalang Demo Iran, AS Masih Bungkam
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Dituduh sebagai salah satu dalang demonstrasi besar-besaran di Iran, Amerika Serikat (AS) hingga kini belum angkat bicara.

Sampai saat ini, baru Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley yang mengatakan bahwa tuduhan tersebut adalah omong kosong belaka.

"Presiden Trump belum membuat keputusan apakah akan menambah sanksi atau tidak. Demonstrasi di Iran belum tentu mengubah perhitungan Presiden," kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, dikutip dari AFP, Rabu 3 Januari 2018.

Saat demonstrasi memasuki hari ketiga, pekan lalu, Trump bahkan seolah mendukung apa yang terjadi di Teheran. Ia mengatakan, Iran harus berubah dan rakyatnya pantas untuk memrotes apa yang terjadi di pemerintahan.

Menanggapi hal ini, Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut bahwa Trump tidak pantas mengomentari apa sedang terjadi di Iran saat ini.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei juga terang-terangan menyalahkan "musuh" Iran karena menyiram bensin ke dalam api yang sudah berkobar di negaranya. Musuh yang dimaksud adalah Amerika Serikat.

Bahkan, sebuah kelompok reformis Iran yang dipimpin oleh mantan Presiden Mohammad Khatami menuduh AS mendorong terjadinya kekerasan di Teheran.

Sejumlah pengamat menilai 'musuh' yang dimaksud Ayatollah dalam pernyataannya tak hanya AS, melainkan Israel dan juga Arab Saudi.

 


(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

16 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA