Kepanikan Terjadi dalam Insiden Kereta Amtrak di AS

Arpan Rahman    •    Senin, 05 Feb 2018 19:40 WIB
kecelakaan kereta
Kepanikan Terjadi dalam Insiden Kereta Amtrak di AS
Petugas berada di lokasi tabrakan dua kereta di Cayce, South Carolina, 4 Februari 2018. (Foto: AFP/Getty/Bob Leverone)

Cayce: Penumpang kereta Amtrak yang menabrak kereta barang sebelum waktu fajar, Minggu 4 Februari 2018, mengaku terbangun secara tiba-tiba saat kejadian. Ada sejumlah penumpang yang berteriak dan menangis.

"Kereta bergetar, lalu mulai anjlok," kata penumpang Eric Larkin, berbicara dengan Associated Press mengenai detik-detik kejadian. 

Larkin terbangun saat dirinya merasa kereta tiba-tiba tergelincir dari rel saat melintasi tikungan. Kursinya terlepas, dan membuat dirinya terpelanting ke depan. 

Kepanikan berlanjut. Larkin mendengar jeritan dan tangisan di sekelilingnya di tengah kerumunan penumpang yang beramai-ramai berusaha meninggalkan kereta. Ada sejumlah penumpang yang berdarah.

Kecelakaan menewaskan dua orang dan melukai 116 lainnya.

Setelah turun dari kereta, Larkin mengatakan petugas polisi menyuruhnya berhenti mengambil foto ponsel dari reruntuhan dan tidak membagikan gambar yang telah dia ambil.

Baca: Kecelakaan Kereta Amtrak di AS, 2 Tewas dan 116 Terluka

"Saya pikir itu agak aneh," kata Larkin atas permintaan tersebut. Akhirnya dia dibawa ke sebuah sekolah dengan penumpang lain.

"Sungguh suatu berkah saya masih bisa selamat," lanjut dia. "Saya pikir saya sudah mati," cetusnya seperti dinukil ABC News, Senin 5 Februari 2018.

Kecelakaan mematikan ini merupakan kali ketiga yang melibatkan Amtrak dalam waktu kurang dari dua bulan. 

KA Silver Star dilaporkan sedang dalam perjalanan dari New York ke Miami dengan hampir 150 orang penumpang saat menabrak kereta CSX yang kosong sekitar pukul 02.45 pagi pukul satu dini pada Minggu.

Kecelakaan terjadi di dekat sebuah gubuk di sebelah selatan Columbia, di mana kereta api pengangkut mobil sedang melakukan aktivitas bongkar-muat. Banyak penumpang masih tertidur ketika kecelakaan terjadi.


(WIL)