Temui Suu Kyi, Obama Segera Cabut Sanksi Myanmar

Sonya Michaella    •    Kamis, 15 Sep 2016 08:00 WIB
aung san suu kyi
Temui Suu Kyi, Obama Segera Cabut Sanksi Myanmar
Aung San Suu Kyi bersama Presiden AS, Barack Obama (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama hampir dipastikan akan mencabut seluruh sanksi ekonomi yang diberlakukan terhadap Myanmar menyusul transisi kekuasaan dari junta militer ke pemerintahan sipil.

Pengumuman itu dikeluarkan bertepatan dengan kunjungan Aung San Suu Kyi dari Myanmar, ke Gedung Putih pada Rabu, 14 September kemarin.

"Amerika Serikat sekarang siap mencabut sanksi-sanksi yang telah kami terapkan terhadap Myanmar selama beberapa waktu," kata Obama, seperti dikutip Reuters, Kamis (15/9/2016).

Ketika ditanya kapan sanksi akan dicabut, Obama menjawab, "Segera," Namun, rencana Obama ini dikritik oleh para pegiat hak asasi manusia.

Pengumuman pencabutan sanksi Myanmar ini dikecam oleh berbagai organisasi HAM yang mengatakan langkah itu terlalu cepat, terutama karena pengaruh militer masih besar dan kejahatan kemanusiaan masih terjadi. 

Partai pimpinan Suu Kyi menang dalam pemilihan awal tahun ini.
Di bawah pemerintahan militer Myanmar sebelumnya, berbagai sanksi diterapkan oleh AS. Namun sanksi-sanksi ini perlahan dilonggarkan sejak militer mulai mengendurkan kekuasaan lima tahun lalu.

Kini disepakati pula bahwa pemerintah AS akan memulihkan fasilitas perdagangan sehingga Myanmar dapat menjual ribuan produknya ke AS tanpa bea masuk.

"Waktunya telah tiba untuk menghapus seluruh sanksi yang merugikan perekonomian kami," kata Suu Kyi.

Walau memenangkan pemilu, Suu Kyi tidak bisa menjadi presiden karena terhalang peraturan pemerintah peninggalan junta. Namun Suu Kyi disebut pemimpin bayangan karena menjabat sebagai menteri luar negeri dan menunjuk dirinya sendiri penasihat pemerintah, setara dengan perdana menteri.

Suu Kyi juga mendapat perlakuan bak pemimpin negara dalam kunjungannya ke Washington. 
(FJR)

Debat Perdana Capres AS Hillary vs Trump (2)

Debat Perdana Capres AS Hillary vs Trump (2)

3 minutes Ago

Debat kandidat calon Presiden Amerika Serikat 2016 hari ini, Selasa 27 September perdana digelar.…

BERITA LAINNYA