Panama Tahan Dua Pendiri Mossack Fonseca atas Tuduhan Korupsi

Willy Haryono    •    Minggu, 12 Feb 2017 10:49 WIB
panama papers
Panama Tahan Dua Pendiri Mossack Fonseca atas Tuduhan Korupsi
Logo Mossack Fonseca. (Foto: REUTERS/Carlos Jasso/Files)

Metrotvnews.com, Panama City: Dua pendiri firma hukum Mossack Fonseca ditangkap polisi setelah keduanya dituduh melakukan pencucian uang terkait skandal korupsi di Brasil. 

Jurgen Mossack dan Ramon Fonseca ditahan untuk mencegah keduanya melarikan diri ke luar negeri. 

Jaksa Agung Kenia Porcell mengatakan kepada media pada Sabtu 11 Februari bahwa informasi yang telah terkumpul sejauh ini "mengindikasikan Mossack Fonseca sebagai organisasi kriminal untuk menyembunyikan aset atau uang dari sumber mencurigakan."

Porcell menyebut investigasi selama tahun tahun yang berujung pada penangkapan kedua orang tersebut telah dibantu jaksa dari Brasil, Peru, Ekuador, Kolombia, Swiss dan Amerika Serikat (AS). 

Mossack Fonseca adalah firma hukum yang menjadi pusat dari skandal besar Panama Papers. Pada April 2016, jutaan dokumen dari Mossack Fonseca bocor ke media, yang memperlihatkan sejumlah klien firma tersebut yang menyembunyikan uang dan mengemplang pajak. 

Kamis 9 Februari, tim jaksa menggerebek kantor Mossack Fonseca untuk mencari bukti. Rumah kedua pendiri firma juga digeledah satu hari setelahnya. 

Fonseca, mantan penasihat presiden di Panama, sebelumnya pernah membantah bahwa firma hukumnya terkait dengan perusahaan Odebrecht di Brasil. 

"Investigasi ini pada prinsipnya tidak terkait Odebrecht, tapi kasus Lava Jato," ucap Porcell, merujuk pada pemeriksaan terhadap perusahaan minyak negara Brasil, Petrobras. 

Pengacara Mossack Fonseca Elias Solano mengatakan tuduhan terhadap dua pendiri firma "lemah" dan dirinya akan menentang serangkaian bukti yang telah dituduhkan kepada kliennya.


(WIL)