Singapura Anggarkan Rp278 Miliar untuk Pertemuan Trump-Kim

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Jun 2018 17:06 WIB
korea utaraAmerika Serikat-Korea Utara
Singapura Anggarkan Rp278 Miliar untuk Pertemuan Trump-Kim
PM Singapura Lee Hsien Loong. (Foto: AFP)

Singapura: Biaya menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diperkirakan mencapai USD20 juta atau setara Rp278 miliar.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengaku tidak mempermasalahkan mengeluarkan uang sebanyak itu untuk pertemuan Trump-Kim. Ia menyebut ini merupakan kontribusi Singapura bagi perdamaian kawasan dan global.

"Itu adalah nominal yang kami rela bayarkan," ujar PM Lee dalam konferensi pers, seperti dikutip dari The Straits Times, Minggu 10 Juni 2018.

Sekitar separuh dari total biaya tersebut dihabiskan untuk sektor pengamanan.

Kim telah tiba di Singapura dan langsung disambut Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan. Kim dijadwalkan bertemu PM Lee malam nanti. Di malam yang sama, Trump dijadwalkan tiba di Singapura.

Baca: Kim Jong-un Tiba di Singapura

Pertemuan Trump dengan Kim akan dilangsungkan di Hotel Capella di Pulau Sentosa pada 12 Juni mendatang.

PM Lee menyebut pertemuan ini menjadi semacam operasi yang sangat besar bagi otoritas Singapura. "Petugas keamanan telah melakukan tugasnya dengan sangat baik di bawah tekanan," ujar dia, merujuk pada sempitnya waktu persiapan yang hanya hitungan pekan.

Hotel Capella, tambah PM Lee, adalah lokasi yang akhirnya dipilih setelah pihaknya kesulitan mencari tempat pertemuan. PM Lee menyebut kedua kubu harus menyetujui tempat pertemuan dengan berbagai syarat tertentu.

"Saat kedua kubu meminta kami menjadi tuan rumah, kami tidak bisa berkata tidak," tutur PM Lee.

 


(WIL)