Cari Kandidat Menlu, Trump Temui Mitt Romney

Willy Haryono    •    Minggu, 20 Nov 2016 10:57 WIB
donald trump
Cari Kandidat Menlu, Trump Temui Mitt Romney
Presiden terpilih Donald Trump (kiri) dan Mitt Romney di New Jersey, AS, 19 November 2016. (Foto: AFP/Drew Angerer)

Metrotvnews.com, New Jersey: Politikus moderat Partai Republik Mitt Romneyy, yang dikenal sering mengkritik Donald Trump semasa kampanye, mengaku telah berbincang-bincang dengan presiden terpilih Amerika Serikat (AS). 

Diskusi keduanya diyakini sejumlah pihak terkait dengan Trump yang sedang mencari kandidat menteri luar negeri. 

Trump, yang menghabiskan akhir pekannya di luar Manhattan untuk kali pertama usai pemilihan umum presiden, berdialog dengan Romney selama lebih kurang 90 menit. Trump tidak mengatakan apapun mengenai masalah menlu. 

"Kami berbicara mengenai banyak hal, mengenai beragam masalah di panggung dunia di mana AS memiliki kepentingan yang sangat signifikan," ujar Romney, seperti dilansir AFP, Sabtu (19/11/2016). 

"Selain itu, kami juga bertukar pandangan mengenai sejumlah topik tersebut," sambung dia.

Bertemu di sebuah lapangan golf milik Trump di New Jersey, presiden terpilih duduk bersama Romney satu hari setelah dirinya menunjuk tiga sosok untuk posisi keamanan nasional dan pos yudisial. 

Romney tidak menggelar sesi tanya jawab dan tidak mengacuhkan reporter yang bertanya apakah dirinya masih menganggap Trump sebagai "seorang penipu."

Saat ini masih ada sekitar 15 posisi senior dalam kabinet Trump yang belum terisi. Trump kini bermukim di Trump National Golf Club Bedminster, diduga untuk menggelar pertemuan dengan sejumlah kandidat seperti Romney. Trump akan tetap di Bedminster hingga Minggu, jauh dari gelombang unjuk rasa di New York.

Sejak muncul dalam wawancara "60 Minutes" stasiun televisi CBS, Trump belum pernah lagi berbicara di hadapan publik, kecuali berkomunikasi melalui media sosial favoritnya, Twitter.

 


(WIL)