Meksiko Usir Dubes Korut Terkait Uji Nuklir

Fajar Nugraha    •    Jumat, 08 Sep 2017 11:50 WIB
meksikonuklir korea utara
Meksiko Usir Dubes Korut Terkait Uji Nuklir
Foto satelit memperlihatkan situs uji coba Punggye-ri milik Korut. (Foto: CNES).

Metrotvnews.com, Meksiko City: Pemerintah Meksiko mengusir Duta Besar Korea Utara (Korut). Pengusiran dilakukan usai Korut melakukan uji nuklir terbaru.
 
 
"Pengusiran ini berlangsung pada Kamis 7 September 2017. Duta Besar Korut Kim Hyong Gil pun dinyatakan persona non grata dan diberikan waktu 72 jam untuk meninggalkan Meksiko," ujar pernyataan pihak Kementerian Luar Negeri Meksiko, seperti dikutip AFP, Jumat 8 September 2017.
 
Pihak Meksiko menyatakan bahwa keputusan Pyongyang untuk melakukan uji nuklir pada Minggu 3 September, merupakan sebuah bentuk pelanggaran atas hukum internasional.
 
"Aktivitas nuklir di Korea Utara adalah bentuk risiko yang bisa mengancam perdamaian dan keamanan internasional dan mewakili ancaman meningkat di kawasan, termasuk bagi sekutu Meksiko seperti Jepang dan Korea Selatan," tegas pihak pemerintah Meksiko.
 
uji nuklir itu sendiri memicu kecaman dari dunia internasional. Negara seperti Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel), Jepang dan lainnya mengecam keras tindakan Korut.
 
AS bahkan sudah menyerahkan proposal resolusi untuk PBB agar menerapkan embargo minyak terhadap Korut. Selain itu, resolusi juga mengatur pembekuan aset Kim Jong-Un, pelarangan produk tekstil dan menghentikan pembayaran gaji pegawai asal Korut.



(FJR)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

9 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA