Akses Alternatif ke Gedung Putih Resmi Ditutup untuk Publik

Sonya Michaella    •    Kamis, 20 Apr 2017 15:29 WIB
amerika serikat
Akses Alternatif ke Gedung Putih Resmi Ditutup untuk Publik
Akses Alternatif ke Gedung Putih Resmi Ditutup untuk Publik (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Washington: Dinas Rahasia Amerika Serikat (AS) memutuskan segera menutup jalan di samping sisi selatan Gedung Putih selamanya untuk publik mulai Rabu malam waktu Amerika atau Kamis pagi waktu Indonesia.
 
Sejak 2015, jalan samping itu biasa ditutup setiap malam mulai pukul 23.00 hingga 06.00 dan sekarang akan ditutup selamanya, menurut  pernyataan resmi dari Dinas Rahasia.
 
"Penutupan tersebut akan menutup kemungkinan akses publik untuk memasuki Gedung Putih secara ilegal," kata Direktur Komunikasi Dinas Rahasia AS, Cathy Milhoan, seperti dilansir Reuters, Kamis 20 April 2017. 
 
Pada Maret lalu, seseorang pernah melangkahi pagar timur dari Gedung Putih pada malam hari dan berada di dalam area tersebut sekitar 16 menit. Namun, ia memang tidak memasuki Gedung Putih.
 
Menurut Dinas Rahasia, Presiden AS Donald Trump berada di dalam Gedung Putih pada saat peristiwa itu terjadi tepatnya pada 10 Maret 2017.
 
Perintah ini akhirnya dikeluarkan Dinas Rahasia AS sebagai tindakan akhir dari serangkaian langkah untuk menindak tegas penerobos Gedung Putih.
 
Keamanan sekitar Gedung Putih juga ditingkatkan termasuk pemasangan pagar besi runcing yang mengeliling area seluas tujuh hektar tersebut.
 
Peraturan baru berupa penutupan pagar selatan akses jalan samping tersebut dipastikan tidak mengganggu pandangan masyarakat atau pemotretan ke Gedung Putih. Dinas Rahasia menambahkan, penambahkan akses juga sudah dilakukan di sisi pagar utara.



(FJR)