Trump-Putin Dikabarkan akan Bertemu di Finlandia

Sonya Michaella    •    Rabu, 27 Jun 2018 10:42 WIB
as-rusia
Trump-Putin Dikabarkan akan Bertemu di Finlandia
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Donald Trump saat bertemu di KTT G20 Hamburg, Jerman, 2017. (Foto: AFP)

Washington: Ibu kota Finlandia, Helsinki, dikabarkan akan menjadi tempat pertemuan puncak antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hari ini, Penasehat Keamanan Gedung Putih John Bolton telah berada di Rusia untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov. Pembahasan rencana pertemuan Trump dan Putin pun dilaporkan menjadi topik utama.

"Sementara, Helsinki adalah pilihan kota yang memungkinan. Keputusan akhir tergantung dari pembicaraan Bolton dan Menlu Rusia," kata seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari AFP, Rabu 27 Juni 2018. 

Sebelumnya, ibu kota Austria, Wina, juga dipertimbangkan untuk menjadi lokasi pertemuan. Namun, saat ini pilihan tersebut telah ditinggalkan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga sempat mengatakan bahwa akhir pekan ini akan ada jadwal Trump untuk bertemu dengan pejabat Rusia, tak lama setelah Bolton kembali dari Moskow.

Menanggapi kabar ini, Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengeluarkan pernyataan singkat bahwa Finlandia selalu siap untuk menjadi lokasi pertemuan penting.

"Finlandia selalu siap untuk menjadi lokasi pertemuan dan akan menyediakan layanan yang baik jika diminta," kata Niinisto.

Pertemuan Trump-Putin ini akan dilaksanakan setelah KTT NATO pada 11-15 Juli mendatang di Brussels, Belgia. Trump juga direncanakan akan hadir dalam KTT tersebut.


(FJR)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

25 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA