Kim Jong-un Masuk Nominasi 'Person of The Year' Majalah TIME

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Dec 2017 10:56 WIB
korea utara
Kim Jong-un Masuk Nominasi 'Person of The Year' Majalah TIME
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Washington: Nama Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berada dalam jajaran nominasi Orang Paling Berpengaruh Tahun Ini atau Person of the Year versi majalah TIME.

Akibatnya, TIME menjadi bulan-bulanan warganet di media sosial, terutama di Twitter.

Kim telah mendominasi berita utama global tahun ini dengan program nuklir balistiknya di mana Korut telah meluncurkan uji coba selama tujuh kali dan 'pertengkaran' dengan Presiden AS Donald Trump.

Kim dan Trump kerap terlibat perang kata-kata, meski tak secara langsung. Kim melalui media corong pemerintahnya, KCNA, dan Trump lewat akun Twitternya.

Dikutip dari newscom.au, Rabu 6 Desember 2017, dengan adanya nama Kim Jong-un ini, bukan kali pertama TIME menaruh nama seseorang yang dikenal diktator di daftar Person of the Year.

Pada 1938, bahkan Adolf Hitler pernah menghiasi sampul majalah TIME dan juga pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin yang dua kali mendapatkan Person of the Year pada 1939 dan 1942.

Sejak 1927, majalah asal Amerika Serikat ini telah memberikan penghargaan Person of the Year untuk individu atau kelompok yang paling berpengaruh selama setahun, baik pengaruh baik maupun buruk.

Dalam beberapa tahun terakhir, kandidat yang masuk dalam Person of the Year adalah Hillary Clinton, CEO Facebook Mark Zuckerberg, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tak hanya Kim Jong-un, Trump juga masuk ke dalam nominasi Person of the Year majalah TIME tahun ini. Trump berhasil menyabet gelar Person of the Year tahun lalu. 

Selain itu, ditemukan juga nama Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman dan mantan Direktur FBI Robert Mueller yang menjadi penasihat khusus untuk menyelidiki hubungan Trump dan Rusia, serta Presiden Tiongkok Xi Jinping.



(FJR)