Paus Fransiskus akan Gelar Misa di Pantai Peru

Willy Haryono    •    Sabtu, 20 Jan 2018 17:46 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus akan Gelar Misa di Pantai Peru
Paus Fransiskus memeluk seorang bocah dalam kunjungannya ke Lima, Peru, 19 Januari 2018. (Foto: AFP/OSSERVATORE ROMANO)

Lima: Paus Fransiskus dijadwalkan menggelar misa di lapangan terbuka di area pantai Peru, Sabtu 20 Januari 2018. Misa digelar di tengah perjuangan masyarakat pesisir Peru dalam membangun ulang permukiman mereka yang dilanda banjir besar tahun lalu. 

Kunjungan Fransiskus ke provinsi Trujillo, sekitar 560 kilometer dari utara Lima, dilakukan setelah kedatangan hari pertamanya di Lima lebih bernuansa politik. 

Di Lima ketika itu, Fransiskus menyoroti banyaknya kepentingan bisnis di Peru yang mengancam kehidupan Amazon dan beragam suku di sana. 

Misa akan digelar di kawasan pantai kota Huanchaco yang dapat mengakomodasi hingga 500 ribu orang. Pantai ini populer di kalangan peselancar dalam dan luar negeri. 

Sudah banyak warga lokal berkumpul di lokasi misa sejak Jumat malam meski hujan gerimis terus mengguyur. 

Setelah misa, Fransiskus akan bertolak ke sebuah permukiman warga miskin yang paling terkena dampak banjir besar April tahun lalu. 

Lebih dari 130 orang tewas di seantero Peru di tengah hujan deras, banjir dan tanah longosor yang dipicu El Nino antara Januari hingga April 2017. Cuaca buruk tersebut juga membuat sedikitnya 300 ribu orang di Peru kehilangan tempat tinggal. 



(WIL)