Partai Hijau AS Ingin Penghitungan Ulang Suara di Wisconsin

Sonya Michaella    •    Sabtu, 26 Nov 2016 09:51 WIB
pemilu as
Partai Hijau AS Ingin Penghitungan Ulang Suara di Wisconsin
Mantan calon presiden independen dari Partai Hijau, Jill Stein (Foto: AFP)

Metrotvnew.com, Washington: Mantan calon presiden independen dari Partai Hijau meminta dengan tegas bahwa harus ada penghitungan suara ulang di negara bagian Wisconsin.

Negara bagian tersebut adalah salah satu tiga medan pertempuran pemilu presiden 8 November lalu yang dimenangkan oleh Donald Trump.

"Komisi Pemilihan Wisconsin mempersiapkan diri untuk penghitungan ulang untuk menilai siapa yang pantas jadi Presiden AS," ungkap Jil Stein, seperti dikutip AFP, Sabtu (26/11/2016).

Stein mengaku sudah berhasil mengumpulkan uang yang cukup untuk membiayai penghitungan ulang di Wisconsin. Komisi mengatakan tenggat waktu untuk menyelesaikan penghitungan ulang adalah 13 Desember, jadi petugas harus bekerja dengan cepat.

Stein juga berencana menantang hasil pemilihan di Pennsylvania dan Michigan, di mana Trump berhasil mengalahkan Hillary Clinton.

Hasil tak resmi Wisconsin menunjukkan Trump menang dengan hanya keunggulan 27.000 suara, menurut berbagai media negara bagian itu. Sementara hasil penghitungan BBC menunjukkan Trump mendapat 47,9 persen, Clinton 46,9 persen, dan Jill Stein mendapat 1 persen.

Padahal, dalam tujuh pilpres sebelumnya, negara bagian ini selalu dimenangkan Partai Demokrat.

Jika Clinton menang di Wisconsin, dirinya tetap tak akan cukup untuk membalikan kemenangan Trump di Pilpres secara nasional, karena hanya tersedia 10 electoral vote di negara bagian itu. Namun andai Clinton meraih kemenangan di Wisconsin, Michigan dan Pennsylvania, ia bisa memenangkan Pilpres.

 


(FJR)