Pembicaraan Anggaran Masih Mandek, AS Kembali Shutdown

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 09 Feb 2018 13:37 WIB
amerika serikat
Pembicaraan Anggaran Masih Mandek, AS Kembali <i>Shutdown</i>
Gedung Kongres AS (Foto:AFP)

Washington: Pemerintahan Amerika Serikat (AS) kembali shutdown setelah Kongres gagal mencapai kesepakatan sehingga pembahasan anggaran melewati batas waktu yang ditentukan.

Anggota parlemen berharap untuk menyetujui anggaran baru sebelum dana federal berakhir pada tengah malam waktu setempat. Sayangnya, Senator Republik Rand Paul menutup harapan untuk melakukan pemungutan suara degan cepat.

Dia melakukan debat di tengah proses pembahasan untuk mengulur waktu dimulainya pengambilan keputusan. 

Pada Januari lalu, kegagalan yang sama untuk meluluskan anggaran menyebabkan penutupan pemerintahan hingga tiga hari.

Kantor Manajemen Personalia federal mengatakan operasi pemerintah akan dilakukan berrvariasi menurut  kondisi lembaga masing-masing

"Karyawan harus merujuk pada atasan mereka untuk mendapatkan panduan," katanya dalam sebuah pernyataan singkat, seperti dilansir dari BBC, Jumat 9 Februari 2018.

Baik Senat maupun Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) harus menyetujui kesepakatan belanja dua tahun yang baru. Penutupan pada dasarnya dilakukan satu jam sebelum batas waktu.

Meski mengalami penundaan, Senat akan mengambil suara untuk menentukan anggaran usai pukul 01:00 waktu setempat. Sementara itu, DPR tidak akan memberikan suara sebelum adanya persetujuan Senat.

Kesepakatan terakhir akan meningkatkan jumlah pengeluaran sekitar USD300 miliar atau sekitar Rp4.094 triliun, hal yang menurut Senator Paul tak dapat didukungnya.

 


(WAH)