Mantan Presiden AS George Bush Senior Dituduh Lakukan Pelecehan

Arpan Rahman    •    Selasa, 14 Nov 2017 20:08 WIB
amerika serikatpelecehan seks
Mantan Presiden AS George Bush Senior Dituduh Lakukan Pelecehan
Presiden ke-41 Amerika Serikat (AS) George H W Bush dicurigai lakukan pelecehan (Foto: AFP).

Washington: Seorang wanita mengatakan dirinya berusia 16 tahun ketika mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush meraba bagian belakangnya saat mereka berpose untuk foto bersama.

Rosyln Corrigan menjadi wanita keenam yang menuduh Bush tidak tepat menyentuhnya dalam situasi yang serupa.

Dia katakan, kepada Time Magazine, bertemu dengan Bush pada pertemuan perwira CIA 2003 di Texas, tempat ayahnya bekerja.

"Reaksi awal saya itu mutlak mengerikan," katanya tentang kejadian tersebut. "Saya benar-benar bingung," bubuhnya.

"Saya masih kecil," Corrigan menambahkan, seperti dikutip BBC, Selasa 14 November 2017.

Seorang juru bicara Bush sebelumnya mengakui bahwa majikannya sudah menyentuh beberapa wanita di bagian belakang mereka.

Pada Senin 13 November, Jim McGrath, juru bicara Bush, mengatakan kepada BBC presiden ke-41, yang pernah mengepalai CIA, "tidak berniat di dalam hatinya untuk secara sengaja menyebabkan seseorang menderita atau tertekan, dan dia sekali lagi meminta maaf kepada siapapun yang telah tersinggung saat pemotretan bersama".

Corrigan menuturkan insiden tersebut terjadi saat Bush berpose untuk foto bersama dia dan ibunya di kantor CIA di The Woodlands, Texas, pada November 2003.

"Begitu gambar itu diambil dengan hitungan satu-dua-tiga, dia menjatuhkan tangannya dari pinggangku ke bokongku dan memberikannya remasan yang bagus dan matang, yang akan menjelaskan fakta bahwa di foto itu mulutku menganga terbuka lebar, "kata Corrigan.

Bush berusia 79 tahun saat itu."Saya seperti tersentak, 'Oh, ya ampun, apa yang baru saja terjadi?'" Corrigan mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Time.

"Saya tidak bisa mengatakan apapun yang biasa remaja katakan. Kepada mantan presiden Amerika Serikat? Seperti, 'Hei Bung, Anda seharusnya tidak menyentuh saya seperti itu?'" serunya.

Pada akhir Oktober, setelah beberapa wanita lain muncul dengan cerita serupa, McGrath mengatakan bahwa Bush "pada kesempatan tertentu, sudah menepuk-nepuk bagian belakang wanita dengan cara yang dia inginkan dengan cara yang lembut".

Dia menambahkan, karena mantan presiden itu menggunakan kursi roda, "lengannya jatuh di bawah pinggang orang-orang yang berpotret dengan dia".

Tapi Bush sedang berdiri di foto bersama Corrigan, yang menurutnya mengganggu dia karena dia percaya "alasan untuk kejenakaannya, kelucuan orangtua, itu tidak benar".

"Ketika saya mendengar itu alasannya, seperti, 'Oh, dia hanya orang tua dan dia tidak tahu bagaimana cara yang lebih baik dan dia hanya bergurau, main-main, dan tangannya jatuh tidak sengaja, saya hanya terisak-isak tak terkendali," dia berkata.

"Karena itu tidak benar, dan itu sama sekali bukan alasan," pungkasnya.



(FJR)