Sekjen PBB Harap Ada Denuklirisasi dari KTT Trump-Kim

Sonya Michaella    •    Selasa, 12 Jun 2018 14:16 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Sekjen PBB Harap Ada Denuklirisasi dari KTT Trump-Kim
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (Foto: AFP)

New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengharapkan adanya keputusan untuk denuklirisasi dari pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un hari ini di Singapura.

"Denuklirisasi damai yang diverifikasi dan jelas harus menjadi tujuan bersama dan hasil dari pertemuan Presiden Trump dan Kim Jong-un," kata Guterres dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa 12 Juni 2018.

"Kedua pemimpin sudah berusaha yang terbaik untuk keluar dari kondisi yang menciptakan kekhawatiran sejak tahun lalu," lanjut dia.

Guterres juga menyampaikan apresiasi kepada Trump dan Kim di mana mereka akhirnya mau untuk duduk bersama untuk mencapai solusi diplomatik.

"Apa yang sudah mereka lakukan hari ini sangat patut diapresiasi dan dipuji," tuturnya. 

"Selanjutnya, apa yang sudah disepakati membutuhkan kerja sama dunia internasional dan juga kompromi," tegas Guterres lagi.

Ia juga meminta agar negara-negara lain dan juga masyarakat internasional mendukung proses perdamaian ini dan mendukung perdamaian di Semenanjung Korea serta mendukung warga Korut agar bisa hidup lebih baik lagi. 


(FJR)