Ibu Kota Chile Diguncang Gempa 5,4 SR

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Aug 2017 16:16 WIB
gempa bumi
Ibu Kota Chile Diguncang Gempa 5,4 SR
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Santiago: Gempa bumi berkekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang kawasan timur laut Santiago, Chile, Rabu 2 Agustus 2017, sekitar pukul 03.15 waktu setempat. 

Menurut data Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, seperti dikutip Daily Star, gempa mengguncang di kedalaman 74 kilometer di bawah permukaan laut.

Getaran terasa di Las Condes, Puente Alto, Maipu dan sepanjang perbatasan Argentina. 

Pusat Seismologi Nasional Chile awalnya melaporkan kekuatan gempa berada di 5,6 SR. Namun tidak lama kemudian, angkanya direvisi menjadi 5,4 SR. 

Warga Santiago, kota dengan total populasi 5,1 juta orang, sempat panik karena gempa terjadi setelah lewat tengah malam, saat mereka sedang tidur lelap. 

"Terasa banyak getaran. Awalnya ringan, kemudian kencang, dan itu berlangsung sekitar 30 detik," ucap seorang warga Santiago. 

Satu orang lainnya di Las Conders berkata, "guncangannya kuat, tapi hanya sebentar."

"Memang sering terjadi gempa di sini. Hanya 5,6 SR. Chile adalah negara yang rentan dilanda guncangan seismik," ujar salah seorang warganet di Twitter

Belum diketahui pasti apakah ada korban luka atau bangunan yang rusak akibat gempa di Santiago. 

Unit Urusan Darurat di Kementerian Dalam Negeri Chile mengonfirmasi tidak adanya ancaman gelombang tsunami dari gempa kali ini. 

Chile sering dilanda gempa karena berlokasi dekat Cincin Api (Ring of Fire) -- sebuah zona seismik aktif di Samudera Pasifik. 

Pada 1960, gempa 9,5 SR -- terbesar dalam sejarah -- mengguncang pesisir Chile dan menewaskan ribuan orang.


(WIL)