Enam Orang Tewas akibat Gelombang Panas di AS

Sonya Michaella    •    Selasa, 27 Jun 2017 13:04 WIB
amerika serikatgelombang panas
Enam Orang Tewas akibat Gelombang Panas di AS
Suhu di barat daya AS bisa mencapai 48 derajat Celcius. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Suhu tinggi yang cukup ekstrem tengah menyelimuti wilayah Barat Daya Amerika Serikat (AS). Suhu tinggi ini disebut sebagai gelombang panas dan sudah menewaskan setidaknya enam orang.

Pesawat terbang sempat dilarang mengudara pada awal pekan ini di Phoenix, karena temperatur di beberapa bagian di barat daya AS mencapai hingga 45 derajat Celsius atau lebih.

Dilansir USA Today, Selasa 26 Juni 2017, temperatur sempat turun di Los Angeles pada Jumat kemarin, namun di sejumlah kota masih mengalami gelombang panas.

Warga juga sebisa mungkin melindungi diri dari udara panas dengan memanfaatkan pusat perlindungan di taman-taman dan pusat komunitas. 

Pusat aktivitas manula yang berpendingin udara di Canoga Park yang terletak di pinggiran kota Los Angeles jugamenawarkan pendampingan dan perlindungan dari udara panas.

Gelombang panas tak hanya merenggut nyawa manusia, tetapi juga menjadi penyebab kebakaran di sejumlah wilayah, seperti di Nevada, Arizona dan California.

Temperatur yang mendekati rekor tertinggi diperkirakan awal pekan depan, dan warga mengatakan mereka telah siap siaga untuk menghadapi gelombang panas pada musim panas tahun ini.


(WIL)