Trump Mengaku akan Undang Putin ke Gedung Putih

Willy Haryono    •    Jumat, 14 Jul 2017 23:49 WIB
pemilu asdonald trumppemerintahan as
Trump Mengaku akan Undang Putin ke Gedung Putih
Presiden Donald Trump (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Washington/Paris: Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang saat ini berjuang meluruskan tuduhan bahwa Rusia membantu dirinya saat kampanye pemilihan umum 2016, mengaku berniat mengundang Presiden Vladimir Putin ke Gedung Putih, tapi tidak dalam waktu dekat.

"Saya pikir untuk saat ini masih belum tepat, tetapi saya akan mengagendakannya," ujar Trump saat ditanya apakah hendak mengundang Putin oleh awak media dalam perjalanan menuju Paris, seperti dikutip Reuters, Kamis 13 Juli 2017. 

Presiden terpilih dari Partai Repulik tersebut dikritik Partai Demokrat karena kurang menekan Putin terkait tuduhan adanya intervensi Moskow dalam pemilu AS 2016. 

Tuduhan tersebut ramai dibicarakan di bulan-bulan pertama Trump menjabat. Trump maupun Rusia sama-sama membantahnya.

Pernyataan terbaru Trump dilontarkan saat dirinya membela anak tertuanya, Donald Trump Jr, yang telah menemui pengacara asal Rusia semasa kampanye pemilu 2016.

Kala itu, Donald Trump Jr diberitahu bahwa pengacara itu mungkin memiliki informasi negatif mengenai Hillary Clinton.

Trump mengaku baru beberapa hari ini mengetahui bahwa anaknya telah bertemu pengacara Rusia. Kendati begitu, Trump menegaskan tidak menyalahkan anaknya yang memutuskan menggelar pertemuan. 

Terkait mengundang Putin ke Gedung Putih, Trump mengaku ingin bekerja sama dengan Moskow di berbagai bidang, salah satunya dalam isu perang sipil di Suriah. (Ratu Tiara Sari)




(WIL)