10 Orang Tewas Akibat Kebakaran Hutan di California

Sonya Michaella    •    Selasa, 10 Oct 2017 08:25 WIB
amerika serikatkebakaran hutan
10 Orang Tewas Akibat Kebakaran Hutan di California
Api yang melalap 73 ribu hektar hutan di California, AS. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, California: Sedikitnya 10 orang tewas akibat kebakaran hutan yang terjadi di California, Amerika Serikat. Tak hanya itu, ribuan orang pun terpaksa melarikan diri.

Api mulai melalap hutan sejak Minggu malam, waktu setempat. Dengan kecepatan angin sampai 80 kilometer per jam, api merambat ke bagian lainnya dengan cepat.

Dinas pemadam kebakaran California mengatakan, sekitar 73 ribu Hektar hutan telah habis dilalap api.

Dikutip dari AFP, Selasa 10 Oktober 2017, sedikitnya 1.500 bangunan juga rata dengan tanah. Status darurat juga diumumkan di tiga wilayah yang dilanda kebakaran ini, terutama di daerah penghasil anggur yang terkenal.

Total, ada 14 kebakaran di antaranya melanda Kabupaten Napa, Sonoma, dan Yuba. Wilayah ini terletak di sebelah utara Teluk San Francisco.

Seorang saksi menyaksikan beberapa ledakan dari jalur gas atau tangki gas dan langsung membakar rumah serta gudang anggur. Truk pemadam kebakaran juga terlihat sudah menuju lokasi.

Menurut laporan, sekitar 410 petugas pemadam kebakaran juga sudah dikerahkan ke titik-titik kebakaran. Namun, seiring api belum seluruhnya padam, dikhawatirkan korban jiwa akan bertambah.

Coffey Park, sebuah lingkungan perumahan di Santa Rosa juga hangus karena angin kencang membawa kobaran api ke kawasan ini.

Kebakaran hutan biasa terjadi di Amerika bagian barat karena musim panas yang teramat kering. 


(WIL)