Pasukan Meksiko Bunuh Kepala Keamanan 'El Chapo'

Willy Haryono    •    Rabu, 28 Feb 2018 11:46 WIB
geng meksikonarkotika internasional kartel
Pasukan Meksiko Bunuh Kepala Keamanan 'El Chapo'
Joaquin "El Chapo" Guzman digiring di Ciudad Juarez dalam proses ekstradisi ke AS, 20 Januari 2017. (Foto: AFP/HQ/INTERIOR MINISTRY OF MEXICO)

Sinaloa: Pasukan gabungan Meksiko membunuh kepala keamanan keluarga gembong narkotika Joaquin "El Chapo" Guzman pada Selasa 27 Februari 2018. 

Kementerian Pertahanan Meksiko mengatakan baku tembak terjadi saat pasukan keamanan menggerebek sebuah bangunan di Culiacan, ibu kota dari negara bagian Sinaloa tempat kartel Guzman beroperasi.

"Petugas diserang sekelompok orang yang berusaha melarikan diri," ujar Kemenhan Meksiko, seperti dilansir AFP. Dua orang tewas dalam baku tembak dan tiga lainnya ditangkap. 

Salah satu yang tewas adalah Luis Alfonso "N." 

Seorang sumber dari pemerintah Meksiko mengatakan orang yang dimaksud itu adalah Luis Alfonso Murillo Acosta, kepala keamanan keluarga Guzman. Ia juga merupakan seorang pembunuh bayaran yang dipekerjakan anak El Chapo, Archivaldo Ivan Guzman Salazar. 

Murillo Acosta dituduh mengkoordinasikan serangan terhadap militer Meksiko pada September 2016, yang berujung pada tewasnya lima prajurit dan 12 luka-luka.

El Chapo, 60, adalah salah satu dari gembong narkoba terkuat di dunia. Dia dituduh pernah menyelundupkan lebih dari 200 ton kokain ke AS. 

Namun masa kejayaannya berakhir pada Januari 2017 saat dirinya diekstradisi ke Amerika Serikat usai ditangkap dalam pelariannya dari penjara Meksiko. 

Guzman, yang ditahan di penjara isolasi di New York, pernah mengatakan kepada hakim bahwa dirinya kesulitan membayarkan uang jasa kepada para pengacaranya.

 


(WIL)