Fidel Castro Wafat, Obama: Kita Jalin Terus Persahabatan Dengan Kuba

Dian Ihsan Siregar    •    Minggu, 27 Nov 2016 00:58 WIB
fidel castro wafat
Fidel Castro Wafat, Obama: Kita Jalin Terus Persahabatan Dengan Kuba
Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama. (Foto: NME)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama akan terus menjalin erat persahabatan dengan orang-orang di Kuba. Hal itu diungkapkan Obama, setelah adanya berita duka meninggalnya pemimpin revolusi Kuba Fidel Castro.

"Sejarah akan mencatat dan menilai dampak besar dari figur tunggal ini pada orang-orang dan dunia di sekelilingnya," ucap Obama, dalam sebuah pernyataan, seperti keterangan yang dihimpun dari AFP, Sabtu (26/11/2016).

Baca: Persahabatan Erat Fidel Castro dan Bung Karno

Amerika dan Kuba resmi menjalin kembali hubungan diplomatik pada Juli 2015. Setelah harmonis kembali, dalam waktu sebulan, negeri Paman Sam langsung membuka kedutaan besarnya di Havana. 

Setidaknya waktu bergulir lama pada saat perang dingin antara AS dan Kuba. Perang dingin tersebut akhirnya berubah menjadi cair dan bersahaja, setelah Obama berkunjung ke Kuba pada bulan Maret yang lalu.

"Selama kepresidenan saya, kami telah bekerja keras untuk melupakan masa lalu kita, mengejar masa depan, di mana hubungan kedua negara kita ditentukan bukan oleh perbedaan, tetapi oleh banyak hal yang kita bagi sebagai tetangga dan teman-teman," pungkas Obama.

Baca: Surya Paloh: Castro dan Indonesia Miliki Hubungan Emosional


(DEN)