Tanah Longsor Hantam Hotel Peru, 15 Orang Tewas

Willy Haryono    •    Senin, 28 Jan 2019 07:33 WIB
tanah longsor peru
Tanah Longsor Hantam Hotel Peru, 15 Orang Tewas
Petugas berada di lokasi tanah longsor di sebuah hotel di Abancay, Peru, 27 Januari 2019. (Foto: AFP/INDECI)

Abancay: Sedikitnya 15 orang tewas saat tanah longsor menghantam sebuah hotel di Peru, Minggu 27 Januari. Peristiwa terjadi saat sekelompok orang sedang mengikuti pesta pernikahan di hotel tersebut.

Hantaman material lumpur dan bebatuan membuat tembok serta atap hotel runtuh. Saat kejadian, para tamu pesta sedang berdansa.

Seperti dilansir dari laman BBC, Senin 28 Januari 2019, 29 orang dilaporkan terluka akibat longsor. Mereka semua berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan dan material longsor di sebuah hotel di kota Abancay.

Insiden terjadi saat hujan deras mengguyur kota tersebut. Kepala Institut Pertahanan Sipil Nasional Peru (INDECI) Jorge Chavez mengatakan kepada media lokal bahwa ada sekitar 100 tamu yang menghadiri pesta pernikahan di hotel Alhambra saat insiden terjadi. 

Dia menambahkan sekitar 50 orang tertimpa bagian tembok yang roboh terkena longsor. Serangkaian foto di media sosial memperlihatkan tim penyelamat berusaha mencari korban di balik puing hotel.

Wali Kota Abancay, Guido Chahuaylla, menegaskan bahwa pihaknya melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan semua orang. Para korban luka telah dilarikan ke rumah sakit dan dipastikan mendapat perawatan terbaik.

Media lokal Peru melaporkan bahwa hotel Alhambra berdiri di dekat sebuah lereng curam. 


(WIL)