Pemerintahan Trump Bentuk Pasukan Ruang Angkasa

Fajar Nugraha    •    Rabu, 20 Feb 2019 10:10 WIB
donald trumppemerintahan as
Pemerintahan Trump Bentuk Pasukan Ruang Angkasa
Presiden AS Donald Trump menandatangani arahan pembentukan pasukan ruang angkasa. (Foto: AFP).

Washington: Presiden Donald Trump menandatangani perintah yang menguraikan visinya untuk ‘Pasukan Ruang Angkasa’. Matra terbaru dari AS bisa menjadi cabang militer terpisah dengan pijakan yang sama dengan angkatan darat dan angkatan laut.

Trump ingin menciptakan kekuatan ruang angkasa untuk melindungi satelit, mengatasi kerentanan di ruang angkasa dan menegaskan dominasi AS di orbit.

"Kita harus siap," kata Trump kepada wartawan setelah menandatangani arahan, seperti dikutip AFP, Rabu, 20 Februari 2019.

"Pemerintahan saya telah menjadikan penciptaan pasukan antariksa sebagai masalah keamanan nasional,” imbuhnya.

Angkatan Ruang Angkasa akan menjadi cabang keenam dari militer bersama Angkatan Laut, Korps Marinir, Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Penjaga Pantai.

Perintah itu meminta Kongres untuk menyusun undang-undang yang akan menetapkan Angkatan Ruang Angkasa sebagai cabang yang berada di bawah Angkatan Udara, mirip dengan bagaimana Angkatan Laut mengawasi Korps Marinir.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Charlie Summers mengatakan Pentagon akan mengajukan proposal legislatif dalam beberapa minggu mendatang.

“Dengan arahan baru, Trump memposisikan Amerika Serikat untuk bersaing, menghalangi, dan menang dalam lingkungan multi-domain yang kompleks yang ditandai oleh kompetisi kekuatan besar," kata Summers dalam sebuah pernyataan.

Angkatan Udara mengatakan pasukan antariksa akan bekerja "untuk memastikan akses tanpa batas dan kebebasan untuk beroperasi di luar angkasa, dan untuk memberikan kemampuan vital bagi pasukan gabungan dan pasukan koalisi."

Tetapi pembentukan Angkatan Luar Angkasa sama sekali bukan kesepakatan yang dilakukan, karena harus diperiksa dan disetujui oleh Kongres. Para pembuat undang-undang dan pejabat pertahanan bereaksi dengan skeptis, waspada terhadap biaya dan menambah birokrasi.

Antariksa memainkan peran penting dalam hampir setiap aspek peperangan modern, dengan banyak teknologi militer bergantung pada jaringan sensor dan satelit yang mengorbit. Pentagon telah memperingatkan bahwa negara-negara seperti Rusia dan Tiongkok sedang bekerja untuk membangun kemampuan anti-satelit.


(FJR)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA