Menjadi Inspirasi Film Argo, Mantan Agen CIA Meninggal Dunia

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 21 Jan 2019 13:04 WIB
amerika serikatcia
Menjadi Inspirasi Film Argo, Mantan Agen CIA Meninggal Dunia
Mantan agen CIA Antony Mendez. (Foto: VOA).

Washington: Mantan agen Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), Antonio 'Tony' Mendez meninggal dunia pada Sabtu 19 Januari. Tony merupakan agen yang menjadi inspirasi film Argo, yang diperankan aktor Ben Affleck.

Pria 78 tahun itu mengembuskan napas terakhir di pusat bantu kehidupan di Maryland, Amerika Serikat. Dia menderita penyakit parkinson.

Mendez dikenal sebagai orang yang suka menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan. Gagasan yang paling terkenal darinya, adalah ketika menyusun rencana pembebasan enam diplomat yang terperangkap di Iran pada 1979.

Para diplomat itu bersembunyi dan disamarkan sebagai kru film Kanada, sehingga mereka bisa naik pesawat dan melarikan diri di tengah krisis penyanderaan Iran.

Mendez bergabung dengan CIA setelah direkrut pada 1965. Dia menghabiskan 25 tahun kariernya menyamar di lapangan, termasuk saat era perang dingin dengan Uni Soviet.

Sebagai 'kepala' penyamaran, Mendez membantu agen rahasia lain melalui pembuatan dokumen palsu untuk menyamar. Kisahnya difilmkan dan meraih penghargaan film terbaik Oscar 2013.

"Tony Mendez adalah pahlawan Amerika sejati. Dia pria dengan keanggunan, kesopanan, kerendahan hati dan kebaikan yang luar biasa," cuit Ben Affleck, aktor yang memerankan Tony Mendez, dikutip dari laman ABC News, Senin 21 Januari 2018.

Istrinya, Jonna, juga merupakan mantan kepala penyamaran di Kantor Layanan Teknis CIA. Keduanya menulis sebuah buku mengenai pekerjaan agensi mereka di Moskow pada hari-hari terakhir Perang Dingin. 

Buku tersebut juga menceritakan percintaan mereka dan pernikahan yang dilakukan setelah pensiun pada 1990.

Keluarganya mengatakan Mendez akan dimakamkan dalam upacara pribadi di kuburan keluarga di Nevada.


(WIL)