Debat Cawapres AS 2016

Lewat Twitter, Clinton Patahkan Bantahan Pence

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Oct 2016 10:08 WIB
pemilu as
Lewat <i>Twitter</i>, Clinton Patahkan Bantahan Pence
Cawapres AS dari Partai Republik Mike Pence dalam debat di Longwood University, Virginia, 4 Oktober 2016. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Metrotvnews.com, Virginia: Bantahan demi bantahan dilontarkan Mike Pence dari Partai Republik dalam debat perdana calon wakil presiden Amerika Serikat di Virginia. Salah satu bantahan itu adalah mengenai Trump yang selalu memuji-muji sosok Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pence menegaskan Trump tidak pernah memuji Putin, namun justru sebaliknya. Hillary Clinton, capres dari Partai Demokrat, ikut nimbung dalam debat cawapres AS di Longwood University, Selasa (4/10/2016). 

"Faktanya, Mike Pence, pasangan Anda pernah mengatakan hal itu," tulis Clinton di akun Twitter, dengan memasang foto dari artikel pada awal September di situs berita BBC

Dalam foto itu terlihat artikel BBC yang memberitakan bahwa Trump menyebut Putin sebagai pemimpin superior ketimbang Presiden AS Barack Obama.
  Tim Kaine, pasangan Clinton dalam perjalanan menuju Gedung Putih, juga menyerang bantahan Pence. Ia menyebut Pence pernah berkata, "Putin lebih hebat dari Obama, tetapi itu jika Anda tidak bisa membedakan antara kepemimpinan dengan kediktatoran." Pence membantah pernah berkata seperti itu. 

Ketegangan sudah terjadi di awal debat cawapres AS. Pence langsung menuding pemerintahan Obama dan kampanye Clinton-Kaine sebagai kegagalan.

Namun, hal ini langsung disanggah Kaine yang menyatakan saat Clinton menjadi menteri luar negeri, ia menghilangkan program nuklir Iran dan mengurangi persediaan senjata nuklir Rusia.

Dalam masalah penembakan yang marak terjadi di AS, Kaine mengecam rencana Trump yang ingin memeriksa seseorang secara langsung di jalanan (stop and frisk). Ia menilai kebijakan semacam itu akan melukai hubungan polisi dengan warga.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA