Diduga Bocorkan Rahasia, Mantan Perwira Intelijen AS Ditangkap

Sonya Michaella    •    Selasa, 05 Jun 2018 13:00 WIB
amerika serikat
Diduga Bocorkan Rahasia, Mantan Perwira Intelijen AS Ditangkap
Badan Intelijen Pertahanan Amerika Serikat. (Foto: SCMP)

Tiongkok: Ron Rockwell Hansen, mantan perwira Badan Intelijen Pertahanan Amerika Serikat (AS) ditangkap oleh FBI atas dugaan membocorkan rahasia pemerintah AS ke mata-mata Tiongkok.

Selain itu, ia juga dituduh menerima uang sebesar USD800 ribu dari Tiongkok atas kerjanya tersebut. Ia ditangkap Sabtu sore kemarin di dekat bandara Seattle, saat akan melakukan penerbangan ke Tiongkok.

"Hansen diduga berusaha untuk mengirimkan informasi pertahanan nasional ke intelijen Tiongkok dan menerima ratusan ribu dolar atas kerjanya sebagai agen mata-mata Tiongkok," kata asisten Jaksa Agung AS John Demers, dikutip dari South China Morning Post, Selasa 5 Juni 2018.

Saat ini, Hansen berada di penjara federal dengan pengamanan cukup ketat. Ia juga tak bisa dimintai keterangan.

Penangkapan Hansen adalah yang ketiga kalinya terkait dugaan pembocoran rahasia negara ke mata-mata negara lain. Mantan perwira CIA Jerry Chun Shing Lee ditangkap bulan lalu dengan dakwaan spionase.

Sementara Kevin Mallory, mantan pejabat CIA lainnya saat ini sedang diadili di Virginia pun atas tuduhan yang sama.

Meskipun tak ada yang mengindikasikan bahwa ketiga pria ini saling bersangkutan, namun tuduhan mereka sama, yaitu berusaha menjual rahasia negara dengan imbalan yang besar.

Hansen, 58 tahun, bekerja sebagai petugas kasus intelijen militer di Badan Intelijen Pertahanan sejak 2000 hingga 2006. Meskipun ia telah pensiun, tetapi antara tahun 2006 hingga 2011 ia masih melakukan kontak dengan badan tersebut. 



(FJR)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA