Dilecehkan Pimpinan, Perempuan Sipir Penjara AS Ajukan Tuntutan

Arpan Rahman    •    Sabtu, 11 Nov 2017 17:26 WIB
pelecehan seksual
Dilecehkan Pimpinan, Perempuan Sipir Penjara AS Ajukan Tuntutan
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Chicago: Para petugas wanita lembaga pemasyarakatan di Cook County Jail, Chicago, Amerika Serikat (AS), mengajukan tuntutan hukum federal.  Mereka menuduh kepala penjara sudah menoleransi pelecehan seksual oleh kawanan tahanan laki-laki.

Tuntutan hukum yang diajukan, Jumat 10 November, beberapa hari setelah pembela wanita mengajukan sebuah tuntutan hukum yang menuduh kesalahan yang sama dilakukan oleh tahanan di yang terkunci di gedung pengadilan di sekitar daerah itu dan juga di penjara.

Kedua tuntutan hukum tersebut menuduh pihak berwenang belum berbuat banyak untuk menghentikan tahanan mengekspos diri mereka, melakukan masturbasi, dan mengancam penjaga wanita. 

Dilansir US News, Sabtu 11 November 2017, tuntutan Jumat menuduh pelecehan "sangat parah serta meluas dan sangat traumatis, sehingga membuat penjara menjadi tempat kerja yang kasar dan mengerikan secara obyektif bagi perempuan."

Gugatan tersebut menuntut ganti rugi finansial yang belum ditentukan dan perintah pengadilan memaksa Sheriff Tom Dart agar mengambil tindakan demi membatasi pelecehan tersebut.

Juru bicara Sheriff, Cara Smith, mengatakan bahwa jajarannya terus berupaya memastikan lingkungan yang aman bagi para pegawainya.


(FJR)