Semarak Perayaan Hari Jadi ke-50 ASEAN di Chicago

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Aug 2017 16:11 WIB
asean
Semarak Perayaan Hari Jadi ke-50 ASEAN di Chicago
Para konjen negara ASEAN di Chicago rayakan 50 tahun ASEAN (Foto: Dok.KJRI Chicago).

Metrotvnews.com, Chicago: ASEAN kini memasuki usia 50 tahun. Diharapkan ASEAN bisa bertambah kuat hingga 50 tahun ke depan.
 
KJRI Chicago bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Filipina, Konsulat Jenderal Thailand dan Malaysian Investment Development Agency, menyelenggarakan Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 ASEAN di Federal Plaza, Chicago, Amerika Serikat. 
 
Acara ini dihadiri oleh perwakilan Konsulat Jenderal negara-negara anggota dan mitra wicara ASEAN di Chicago.
 
Upacara Perayaan HUT emas ASEAN ini berlangsung dengan meriah. Masing-masing Konsulat Jenderal menampilkan pertunjukkan kesenian dan kuliner tradisional masing-masing negara. 
 
Lokasi kegiatan yang berada di ruang terbuka, menarik orang yang lalu lalang untuk berhenti dan menonton. Di sini Indonesia berhasil mencuri perhatian dengan penampilan Tari Sobrak yang dinamis dan jenaka.  


Tarian Indonesia menarik perhatian perayaan 50 tahun ASEAN (Foto: Dok.KJRI Chicago).  
 
Dalam acara ini, terdapat pula exhibition booth yang menampilkan berbagai informasi seputar trade, tourism and investment dari Indonesia, Filipina, Thailand dan Malaysia. 
 
Konsul Jenderal Filipina Generoso D.G. Calonge, mewakili Chair of ASEAN, menyampaikan potensi ASEAN untuk menjadi kekuatan ekonomi keempat terbesar di dunia pada tahun 2050. Konsul Jenderal Generoso D.G. Calonge menyatakan pentingnya kerja sama dan persatuan di antara negara-negara ASEAN dalam menggali potensi tersebut.
 
Hal ini dipertegas oleh Konsul Jenderal Indonesia Rosmalawati Chalid dalam sambutannya di Resepsi HUT ke-50 ASEAN yang digelar di Indonesian Cultural Center Chicago pada 8 Agustus. 
 
"Semangat kebersamaan merupakan kunci keberhasilan ASEAN dalam menghadapi ketatnya persaingan global," ujar Konjen RI di Chicago Rosmalawati Chalid, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago, yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu 12 Agustus 2017.
 
Rangkaian Perayaan HUT Emas ASEAN di Chicago terdiri dari tiga agenda kegiatan. Selain Upacara Perayaan dan Resepsi, akan dilaksanakan pula sebuah konferensi akademik pada bulan September 2017. Bekerjasama dengan Northern Illinois University, konferensi bertema 'ASEAN at 50: Opportunities and Challenges' ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai ASEAN di kalangan akademisi di kawasan midwet Amerika Serikat.

(FJR)