Florida Keys Rusak Parah Diterjang Badai Irma

Willy Haryono    •    Selasa, 12 Sep 2017 13:59 WIB
topan badai
Florida Keys Rusak Parah Diterjang Badai Irma
Petugas membersihkan kehancuran akibat Badai Irma di Key Largo, Florida, 11 September 2017. (Foto: AFP/Marc SEROTA)

Metrotvnews.com, Florida: Jutaan warga Florida kehilangan akses jaringan listrik akibat Badai Irma, dan kerusakan parah dilaporkan terjadi di Florida Keys, Senin 11 September 2017. 

Namun sebagian besar Florida, negara bagian yang biasa disebut Sunshine State, relatif aman dari kekuatan dahsyat Badai Irma. 

Seperti dikutip AFP, badai 'monster' itu mengamuk saat mendarat di bagian selatan Florida Keys sebagai angin ribut Kategori 4 pada Minggu 10 September. Sebelumnya, Irma sempat menjadi badai terkuat di Kategori 5. 

Pepohonan palem dan tiang listrik di Florida Keys ditumbangkan Badai Irma, setelah sebelumnya mengobrak-abrik Kepulauan Karibia. 

Saat Florida berhasil menghindari skenario terburuk, total korban tewas akibat Irma meningkat menjadi 40 orang. Laporan terbaru dari Kuba menunjukkan adanya 10 korban tewas akibat imbas Badai Irma. 

Sementara di Karibia, warga di sejumlah pulau kecil berusaha bangkit dari keterpurukan. Inggris, Prancis dan Amerika Serikat bersama-sama meningkatkan penyaluran bantuan ke wilayah-wilayah terluar mereka di Karibia.

Baca: Jurnalis AS Tantang Bahaya di Tengah Peliputan Badai Irma

Warga Florida yang sempat khawatir semalaman akhirnya keluar rumah pada Senin pagi, dan melihat bahwa dampak kerusakannya tidak separah yang diprediksi. Ini terjadi karena Irma melemah menjadi badai tropis saat tiba di bagian dalam Florida.

"Jika yang datang adalah Kategori 4, maka ceritanya bisa benar-benar berbeda," kata Bob Lutz, seorang pengusaha berusia 62 tahun. 

Gubernur Rick Scott mengonfirmasi Florida Keys -- kepulauan yang terletak di lepas pantai selatan Florida -- mengalami kerusakan parah akibat Irma. 

"Dampak kerusakan yang kami lihat sangat parah," tutur Scott, usai dirinya memantau situasi dari udara.

 


(WIL)