Putra Indonesia Pimpin Organisasi Pemuda Internasional

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 15 Dec 2018 08:29 WIB
amerika serikatwni
Putra Indonesia Pimpin Organisasi Pemuda Internasional
Presiden JCI Alexander Tio. (Foto: Dok. KJRI Chicago).

Chicago: Putra Indonesia terpilih memimpin organisasi pemuda global, Junior Chamber International (JCI) yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Alexander Tio nantinya akan memimpin lebih dari 170 ribu anggota JCI di seluruh dunia.

Terpilihnya Alexander tentu saja membanggakan Indonesia. Pasalnya, ini kali pertama Indonesia memimpin organisasi tersebut.

"Kepemimpinan pemuda Indonesia ini juga merupakan sejarah bagi JCI sendiri yang berturut-turut dipimpin pemuda dari kawasan Asia Pasifik," demikian dikutip dari pernyataan tertulis Konsulat Jenderal RI di Chicago, Jumat 15 Desember 2018.

Konsul Jenderal RI Rosmalawati Chalid menghadiri acara serah terima tugas dari Presiden JCI sebelumnya, Brian Lim kepada Alexander Tio. Brian juga dulu menjadi wakil dari Asia Pasifik.

"Konjen Ati menyampaikan ungkapan kebanggaannya atas kepemimpinan
pemuda Indonesia pada organisasi pemuda global JCI," imbuh KJRI Chicago.

Alexander Tio nantinya akan melakukan kunjungan kerja ke lebih dari 40 negara. Dia diharapkan dapat mengenalkan Indonesia dan kiprah pemudanya ke mancanegara.

JCI merupakan organisasi pemuda global yang berasal dari Amerika Serikat. Organisasi ini bertujuan memberdayakan pemuda melalui program kepemimpinan dan pengabdian pada masyarakat.

Sejumlah tokoh dunia menjadi alumni dari organisasi ini. Diantaranya adalah Presiden Amerika Serikat Lyndon B. Johnson, G.R. Ford, John F. Kennedy, Richard M. Nixon, George H.W. Bush, dan Bill Clinton, serta Perdana Menteri Jepang Taro Aso dan Junichiro Koizumi.


(FJR)