AS Takkan Kirim Delegasi Pada Pemakaman Fidel Castro

Damar Iradat    •    Rabu, 30 Nov 2016 02:51 WIB
AS Takkan Kirim Delegasi Pada Pemakaman Fidel Castro
Fidel Castro. AFP

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Barrack Obama tidak akan mengirimkan delegasinya ke Kuba untuk menghadiri upacara pemakaman Fidel Castro. Fidel rencananya bakal dimakamkan di pemakaman Santa Ifigenia di Santiago de Cuba, Minggu, 4 Desember 2016.

Dilansir dari Reuters Rabu (30/11/2016), pihak Gedung Putih telah menyampaikan secara langsung, tidak akan ada delegasi yang dikirimkan untuk menghadiri pemakaman Fidel.

Namun, juru bicara Gedung Putih, Earnest mengatakan, perwakilan dari Amerika bakal tetap hadir. Perwakilan Amerika yakni wakil penasihat National Security, Ben Rhodes. dam Jeffrey DeLaurentis yang dinominasikan bakal menjadi duta besar di Havana.

Sebelum dimakamkan, abu jenazah Fidel dibawa dalam perjalanan melintasi Kuba pada Rabu, 30 November. Seremoni ini bertujuan untuk memperingati kemenangannya atas rezim Presiden Fulgencio Batista pada 1959 silam.

Lahir di Biran, Kuba 90 tahun lalu, Fidel Castro berasal dari keluarga petani kaya. Dia dididik di sekolah Jesuit sebelum kuliah di Universitu of Havana jurusan hukum.

Setelah bekerja sebagai pengacara selama tiga tahun, dia berencana untuk mencoba masuk ke parlemen pada 1952. Tetapi pemerintahan saat itu dijatuhkan oleh Jenderal Fulgenco Batista dalam sebuah kudeta.

Castro menuduh Batista yang didukung oleh AS, melanggar konstitusi dan memimpin serangan ke Barak Moncada milik Batisita di Provinsi Oriente. Penyerangan itu gagal dan Castro dipenjara hingga 15 tahun dan dibebaskan pada 1955, sebelum akhirnya mengasingkan diri di Meksiko dan AS.
 
(SCI)