Jet Tempur Rusia Cegat Jet Tempur AS di Laut Hitam

Sonya Michaella    •    Kamis, 08 Sep 2016 08:46 WIB
as-rusia
Jet Tempur Rusia Cegat Jet Tempur AS di Laut Hitam
Jet tempur Rusia jenis Su-27 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Sebuah pesawat jet tempur Rusia dilaporkan mendekati secara tidak aman ke arah pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) sekitar 3,05 meter di atas Laut Hitam.

"Mereka di sana selama 12 jam dan ada banyak interaksi, termasuk mencegat pesawat AS," kata seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan AS, seperti dikutip Reuters, Kamis (8/9/2016).

Insiden ini sangat memungkinkan adanya ketegangan kembali antara AS dan Rusia.

Dilaporkan, pesawat Rusia ini jenis Sukhoi SU-27 Fighter dan pesawat AS dalah US Navy P-8 yang merupakan pesawat terbang patroli rutin.

Para pejabat Kemenhan AS berbicara dengan pilot mereka dan akan segera meninjau insiden itu untuk ditentukan apakah akan dimasukkan ke dalam pertemuan tahunan AS dan Rusia.

Sementara, Kemenhan Rusia mengatakan telah mengirim SU-27 pada Rabu 7 September. Hal itu dilakukan untuk mencegat pesawat AS mendekati perbatasan Laut Hitam karena pesawat AS telah mematikan transponder mereka, yang di mana diperlukan untuk identifikasi.

Ada sejumlah insiden serupa yang melibatkan pesawat AS dan Rusia tahun ini.

Pada April, dua pesawat tempur Rusia terbang dan membuat simulasi serangan dekat pesawat AS di Laut Baltik.

Peristiwa ini mengingatkan pada Perang Dingin, ketika serangkaian perjanjian bilateral yang bertujuan untuk menghindari interaksi berbahaya di laut tersebut, ditandatangani pada 1972.

Pada Juli tahun ini, para pemimpin NATO sepakat untuk mengerahkan pasukan militer di negara-negara Baltik dan timur Polandia untuk pertama kalinya.

Mereka juga meningkatkan patroli udara dan laut untuk meyakinkan sekutu yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet, menyusul penyitaan Krimea dari Ukraina.

Sebanyak 28 negara aliansi pertahanan Barat memutuskan untuk memindahkan empat batalyon sebanyak 3.000 hingga 4.000 pasukan ke timur laut Eropa secara bergilir untuk menampilkan kesiapannya dalam membela anggota timur melawan Rusia.


(FJR)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

5 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA