Calon Senator AS Partai Republik Dituduh Lecehkan Remaja 14 Tahun

Arpan Rahman    •    Jumat, 10 Nov 2017 18:33 WIB
amerika serikatpemerintahan as
Calon Senator AS Partai Republik Dituduh Lecehkan Remaja 14 Tahun
Kandidat Senat AS dari Partai Republik Roy Moore (Foto: AFP).

Washington: Kandidat asal Partai Republik untuk menduduki kursi Senat Amerika Serikat (AS) yang kosong mulai berhubungan seksual dengan seorang gadis berusia 14 tahun. 

Saat kejadian, Republikan itu sudah berkecimpung sebagai praktisi hukum. Korban, sekarang wanita dewasa, mengatakan dalam sebuah laporan mengejutkan, pada Kamis 9 November.

Calon senator Roy Moore dari Alabama menghadapi imbauan agar mundur setelah empat wanita mengatakan kepada Washington Post bahwa dia mengejar mereka saat semua gebetannya berusia 18 tahun atau lebih muda. Kala itu, Moore berusia awal tiga puluhan, bekerja sebagai asisten jaksa wilayah.

Menurut Washington Post, Leigh Corfman, sekarang 53 tahun, saat itu berusia 14 tahun. Moore membawanya ke rumahnya di hutan dekat Gadsden, Alabama.

"Saya belum siap untuk itu," kata Corfman kepada Washington Post.

Dua wanita lain berbicara tentang Moore yang memberi mereka gelas anggur saat berusia di bawah usia 19 tahun.

Gloria Thacker Deason, 18 tahun pada 1979, ketika dia mulai berkencan dengan Moore yang berusia 32 tahun. Kencan itu didapat setelah Moore mendekati dirinya saat bekerja di sebuah gerai perhiasan di mal setempat.

Berkencan selama beberapa bulan, hubungan fisik mereka tidak lebih jauh daripada memeluk dan mencium, kata wanita itu kepada Washington Post.

Moore, kini berumur 70 tahun, dan tim kampanyenya membantah tuduhan pelecehan seksual dan menyebut info Washington Post sebagai "berita palsu".

"Telah lebih dari 40 tahun pelayanan publik (oleh Moore), jika tuduhan tersebut benar, hal itu pasti sudah dipublikasikan jauh sebelum sekarang," kata tim kampanye Moore dalam sepucuk surel kepada para pendukungnya.

Tudingan tersebut segera bergema di Washington, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan jika tuduhan yang mengganggu itu akurat, Moore mesti keluar dari pencalonan.

"Jika tuduhan ini benar, dia harus minggir," kata McConnell, seperti disitat Sun Daily, Jumat 10 November 2017.

Moore dan anggota Partai Demokrat Doug Jones mencalonkan diri dalam pemilihan Senat khusus pada 12 Desember untuk menggantikan Jeff Sessions, yang dipilih Presiden Donald Trump menjadi Jaksa Agung AS.

Washington Post membeberkan sudah mewawancarai lebih dari 30 orang, termasuk ibu dan teman-teman dari para wanita itu, atas laporan investigasi ini.

Memikat remaja di bawah 16 tahun demi tujuan seksual merupakan kejahatan berat di Alabama yang dapat dihukum hingga 10 tahun penjara. Namun kejadian itu sudah kedaluwarsa, WP melaporkan.

Moore memiliki karir kontroversial sebagai hakim, terutama karena menolak menyingkirkan patung Ten Commandments di ruang pengadilannya. Ia juga menolak menerbitkan surat nikah kepada pasangan sesama jenis.



(FJR)