Texas dan Arizona Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Meksiko

Arpan Rahman    •    Sabtu, 07 Apr 2018 17:20 WIB
amerika serikatdonald trumppemerintahan as
Texas dan Arizona Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Meksiko
Sebuah mobil patroli AS berada di perbatasan Meksiko yang memisahkan kota El Paso dengan Ciudad Juarez, 4 April 2018. (Foto: AFP/HERIKA MARTINEZ)

Texas: Dua negara bagian Amerika Serikat, Texas dan Arizona, mengumumkan rencana mengirim pasukan Garda Nasional ke perbatasan selatan Meksiko, Jumat 6 April 2018. Ini merupakan kelanjutan dari pernyataan Presiden AS Donald Trump yang ingin memerangi penyelundupan narkotika dan keimigrasian ilegal.

Garda  Nasional Texas akan mengirim 250 tentara ke perbatasan dalam waktu 72 jam. Mereka telah mengerahkan dua helikopter Lakota. Sementara Gubernur Arizona berkata hendak mengirim 150 personel pekan depan.

"Garda Nasional Texas sedang bersiap segera dikerahkan dengan dukungan pesawat, kendaraan, dan peralatan ke perbatasan Texas-Meksiko," ujar Brigadir Jenderal Tracy Norris, komandan jenderal Garda Nasional Texas.

"Pengerahan ini telah dimulai dengan pergerakan peralatan dan pasukan hari ini. Dalam waktu 72 jam, departemen militer Texas akan mengirim 250 personel bersama kendaraan pengawas darat serta pelantar penerbangan ringan dan menengah," tambahnya, seperti dikutip AFP, Sabtu 7 April 2018.

Sementara Gubernur Arizona Doug Ducey mengumumkan rencananya di Twitter.

Baca: Trump Kirim Garda Nasional ke Perbatasan Meksiko

Menteri Pertahanan Jim Mattis telah menandatangani perintah pengerahan 4.000 personel Garda Nasional untuk mendukung misi keamanan perbatasan di bawah komando dan kontrol gubernur masing-masing hingga 30 September 2018.

Memo dari Mattis itu memastikan bahwa pasukan tidak akan melakukan kegiatan penegakan hukum tanpa persetujuan Pentagon. Pasukan di perbatasan hanya akan diizinkan memegang senjata jika "kondisi di lapangan memang membutuhkan pertahanan diri."

Mattis dan Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen mengatakan keputusan itu muncul setelah kementerian mereka "mengidentifikasi kerentanan keamanan yang dapat ditangani oleh Garda Nasional."

Kamis lalu, Trump mengatakan pengiriman jumlah personel Garda Nasional terakhir berkisar 2.000 hingga 4.000. Ia berencana menyiagakan banyak personel di perbatasan sampai tembok yang dijanjikannya selesai dibangun.

 


(WIL)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA