Trump Akhiri Masa Pencarian Pengisi Kabinet

Willy Haryono    •    Senin, 21 Nov 2016 15:38 WIB
donald trump
Trump Akhiri Masa Pencarian Pengisi Kabinet
Presiden terpilih Donald Trump (tengah) meninggalkan klub golf miliknya di New Jersey, 20 November, usai mewawancarai sejumlah orang. (Foto: AFP/Drew Angerer)

Metrotvnews.com, New Jersey: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakhiri masa pencarian orang-orang yang akan mengisi kabinetnya kelak. 

Sepanjang akhir pekan kemarin, Trump menghabiskan waktunya berbincang-bincang dengan dengan sejumlah tokoh di klub golf miliknya di New Jersey. 

Salah satu yang menjadi sorotan adalah mantan jenderal James "Mad Dog" Mattis. Trump memuji Mattis sebagai "jenderal dari para jenderal" yang berpotensi mengisi jabatan menteri pertahanan. 

Saat ditanya apakah dirinya akan segera mengumumkan sejumlah nama, Trump berkata kepada awak media: "Itu benar. Saya telah membuat beberapa perjanjian," ujar Trump di Trump National Golf Club, seperti disitat AFP, Minggu (20/11/2016). 

Belum diketahui apakah pengumuman akan disampaikan pada Minggu malam di Bedminster, atau nanti setelah dirinya tiba di Trump Tower di Manhattan. 

Selain Mattis, nama-nama top lainnya yang datang ke klub golf adalah Gubernur New Jersey Chris Christie, yang belum lama ini dipecat dari tim transisi Trump; mantan Wali Kota New York Rudy Giuliani; dan tokoh garis keras keimigrasian Kris Kobach. 

Dari deretan nama yang diundang, Trump dinilai ingin memperkerjakan orang dari beragam latar belakang, mulai dari penggila pesta, pebisnis hingga mantan rival. 

Pilihan Trump untuk beberapa pos sebelumnya -- jaksa agung, penasihat keamanan dan ketua tim strategis Gedung Putih -- dikritik sejumlah pihak dari kubu Partai Demokrat dan lainnya. Pilihan Trump dianggap kurang tepat karena ada beberapa tokoh kontroversial.

Namun Trump berusaha menenangkan kericuhan dengan mengundang politikus moderat Partai Republik. Ia mewawancarai Mitt Romney yang diisukan akan mengisi pos menteri luar negeri dan juga berbicara empat mata dengan Chris Christie, mantan ketua tim transisi yang dipecat Trump belum lama ini.



(WIL)