Trump Optimistis soal Rencana Bertemu Kim Jong-un

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Mar 2018 10:12 WIB
korea utarapemerintahan as
Trump Optimistis soal Rencana Bertemu Kim Jong-un
Presiden AS Donald Trump dalam sebuah acara di Pennsylvania, Sabtu 10 Maret 2018. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)

Pennsylvania: Presiden Amerika Serikat Donald Trump memprediksi "kesuksesan besar" terkait rencana bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Pernyataan disampaikan usai Trump menyebut jajarannya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk pertemuan AS dengan Korut. 

Baca: Trump Sebut Pertemuan dengan Kim Jong-un sedang Dijadwalkan

Selain itu, Trump juga optimistis usai mendapat dukungan dari Tiongkok dan Jepang. 

"Saya rasa pertemuan dengan Korut akan berjalan baik. Saya rasa akan sukses besar. Kami mendapat banyak dukungan," ujar Trump kepada awak media sebelum naik ke helikopter Marine One menuju Pennsylvania, Sabtu 10 Maret 2018. 

"Mereka telah berjanji tidak akan menembakkan misil untuk sementara, dan mereka juga akan denuklirisasi. Jadi saya rasa itu hebat," lanjut dia, seperti dilansir AFP.

Dalam acara di Pennsylvania, Trump mengatakan AS telah "menunjukkan kekuatan hebat" saat ketegangan meningkat dengan Pyongyang. Ia menilai saat ini Kim Jong-un "ingin berdamai."

"Saya rasa ini sudah saatnya," ungkap Trump.

Trump mengklaim sejumlah kebijakannya dalam menurunkan ketegangan dengan Korut telah membuat Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang berjalan dengan baik. 

"Sulit rasanya menjual tiket olimpiade saat para penonton mereka akan diserang dengan nuklir," sebut Trump.

Masih dalam acara itu, Trump mengatakan Presiden Tiongkok Xi Jinping mengapresiasi keputusannya memilih jalur diplomasi dengan Korut. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga merasa antusias mengenai rencana pertemuan Washington dengan Pyongyang.


(WIL)