Setelah 16 Tahun, Korban Serangan 9/11 Berhasil Diidentifikasi

Fajar Nugraha    •    Selasa, 08 Aug 2017 15:41 WIB
9/11
Setelah 16 Tahun, Korban Serangan 9/11 Berhasil Diidentifikasi
Monumen peringatan serangan 9/11 di New York, Amerika Serikat (AS) (Foto: EPA).

Metrotvnews.com, New York: Serangan 11 September 2001 di gedung World Trade Center (WTC) New York, Amerika Serikat (AS) diperkirakan menewaskan ribuan orang.
 
Banyak sekali korban di menara kembar tersebut yang belum teridentifikasi hingga saat ini. Namun satu orang korban berhasil diidentifikas setelah 16 tahun kejadian berlangsung.
 
Korban yang diketahui berjenis kelamin pria itu, diidentifikasi setelah 16 tahun lalu dua pesawat komersial menabrak menara kembar WTC.
 
"Dia adalah salah satu dari 2.753 orang tewas yang diperkirakan tewas dalam serangan ini," seperti dilaporkan The Evening Standard, Selasa 8 Agustus 2017.
 
"Pria juga menjadi korban pertama yang berhasil diidentifikasi sejak Maret 2015," imbuh laporan tersebut.
 
Identitas pria itu ditentukan oleh Kantor Forensik wilayah New York. Mereka menguji ulang sebuah DNA yang ditemukan pada 2001.
 
Meskipun upaya keras dilakukan untuk mengidentifikasi pada korban, hingga 1.112 orang yang tewas dalam serangan itu masih belum berhasil diketahui namanya.
 
Serangan 11 September 2001 mengguncang Amerika Serikat. Kelompok militan Al Qaeda berada di balik serangan tersebut dan memicu invasi AS ke Afghanistan dan Irak.
 
Dalam sebuah operasi, tim Navy SEALS berhasil mengetahui persembunyiaan pemimpin Al Qaeda saat itu, Osama bin Laden. Tim itu kemudian melakukan penyerangan ke persembunyiaan Bin Laden pada 2 Mei 2011 dan membawanya dalam keadaan tidak bernyawa.
 
Tim Navy SEALS pun mengubur Osama bin Laden di laut lepas dan tidak diberikan tanda. Meskipun Bin Laden sudah tewas, aksi teror masih terus berjalan terutama dengan munculnya kelompok militan baru yang berbahaya seperti Islamic State (ISIS).



(FJR)