Kehabisan Kertas, Surat Kabar Venezuela Berhenti Terbit

Sonya Michaella    •    Minggu, 16 Dec 2018 14:08 WIB
konflik venezuela
Kehabisan Kertas, Surat Kabar Venezuela Berhenti Terbit
Surat kabar El Nacional berhenti terbit. (Foto: AFP)

Caracas: Akibat sulit mendapatkan kertas, surat kabar Venezuela, El Nacional, berhenti terbit. El Nacional merupakan surat kabar yang telah terbit selama 75 tahun.

"Surat kabar harian ini akan berhenti terbit sementara karena kami kehabisan kertas, namun El Nacional akan terus berjuang," kata Presiden Editor El Nacional, Miguel Henrique Otero, dikutip dari AFP, Minggu 16 Desember 2018.

Dengan dihentikannya proses cetak dan distribusi, maka El Nacional hanya akan tersedia di situs resminya. Otero menambahkan, berhentinya edisi cetak El Nacional juga merupakan dampak dari tak adanya kebebasan pers dari pemerintah.

"Keputusan ini sebagai konsekuensi dari pelecehan selama bertahun-tahun dari pemerintah, yang selalu mencoba untuk menutup dan menekan kami," ucapnya.

Baca: Temui Putin, Presiden Venezuela Minta Bantuan Finansial

Sejumlah pihak menyebut penghapusan edisi cetak El Nacional tersebut merupakan keterlibatan yang terlalu jauh dari Pemerintah Venezuela terhadap kebebasan pers.

Pemerintah dianggap hampir berhasil mencapai tujuannya untuk menutup radio, televisi dan menghapus surat kabar cetak.

Saat ini, Venezuela masih mengalami krisis ekonomi dan politik yang membuat warganya bermigrasi dari kekerasan politik dan krisis bahan makanan. 

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 1,9 juta orang Venezuela telah melarikan diri dari negara yang dilanda krisis sejak 2015 ini.



(FJR)