Clinton Kembali Pimpin Popularitas dalam Poling

Fajar Nugraha    •    Jumat, 16 Sep 2016 14:55 WIB
pemilu as
Clinton Kembali Pimpin Popularitas dalam Poling
Hillary Clinton kembali melakukan kampanye (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Hillary Clinton kembali memimpin popularitas dalam poling. Hillary memimpin dari capres AS dari Partai Republik Donald Trump.
 
Poling yang dilakukan oleh CNN pada Kamis 15 September, menunjukkan Hillary meraih dukungan hingga 43 persen. Sementara Trump meraih 41 persen, diikuti kandidat Libertarian, Gary Johnson yang meraih sembilan persen dan kandidat Green Party Jill Stein dengan tiga persen.
 
Hasil poling ini diperoleh berdasarkan dari lima poling serupa yang dikeluarkan secara nasional. Seluruh poling itu termasuk perbandingan empat cara dengan kandidat pihak ketiga.
 
Sejak Minggu 11 September, Hillary tidak bisa mengikuti kampanye karena penyakit pneumonia atau paru-paru basah. Tetapi pada Kamis, mantan Menteri Luar Negeri AS itu kembali melakukan kampanye di Greensboro, North Carolina.


Hillary kembali melakukan kampanye di Greensboro (Foto: AFP)

 
Tidak hanya berkampanye, Hillary juga menjawab pertanyaan dari para jurnalis. 
 
"Seperti kalian ketahui, batu yang saya derita ternyata adalah penyakit pneumonia. Meski sudah mencoba mengatasi, pada akhirnya saya harus istirahat agar tetap sehat," ujar Clinton, seperti dikutip CNN, Jumat (16/9/2016).
 
"Saya tidak bisa santai meskipun dalam kondisi aman. Tetapi dengan pemilihan yang akan berlangsung dua bulan ke depan, duduk manis di rumah bukan menjadi pilihan utama," tegasnya.
 
Sementara berbeda bagi Trump, dia pun melanjutkan kampanyenya di New Hampshire pada Kamis sore. Sebelumnya Trump mengungkapkan visi ekonomi melalui pidato di New York.
 
Sejak Hillary sakit, Trump mencurigai bahwa mantan Ibu Negara tersebut tidak sehat untuk menjadi seorang presiden. Namun Hillary pun menantang Trump untuk mengungkapkan kondisi kesehatannya, yang hingga saat ini masih dirahasiakan.

(FJR)