Menteri Keuangan Meksiko Mundur Setelah Kunjungan Trump

Nur Azizah    •    Kamis, 08 Sep 2016 05:00 WIB
donald trump
Menteri Keuangan Meksiko Mundur Setelah Kunjungan Trump
Menteri Keuangan Meksiko Luis Videgaray. Foto: Dario Lopez-Mills/AP.

Metrotvnews.com, Meksiko: Menteri Keuangan Meksiko Luis Videgaray mengundurkan diri setelah Donald Trump mengunjungi Meksiko pekan lalu.

Videgaray dianggap sebagai penyelenggara utama dari pertemuan kontroversial antara Trump dan Presiden Enrique Pena Nierto. Pertemuan itu pun menuai kritik dari warga Meksiko, baik melalui media sosial maupun media nasional.

Seorang juru bicara kementerian menyampaikan, Videgaray tidak akan mengambil jabatan publik apapun. Posisi Videgaray akan digantikan oleh Menteri Pembangunan Sosial, Jose Antonio Meade. Sebelumnya, Meade menjabat sebagai pemegang pembiayaan pada tahun 2011 dan 2012.

Presiden Pena Nieto mengatakan menteri baru akan menerapkan penyesuaian belanja publik, tetapi ada tidak akan ada kenaikan pajak.

Calon Presiden AS dari Partai Republik, Trump mengunjungi Meksiko pada 1 September, meskipun kecaman atas dirinya beredar luas.

Kunjungan Trump langsung menyebabkan masalah ketika ia muncul di sebuah reli di Arizona. Trump mengatakan kepada warga Meksiko akan membayar dinding perbatasan Meksiko 100 persen.

Pernyataan itu bertolak belakang saat ia diwawancarai oleh wartawan beberapa waktu lalu. Kepada wartawan, Trump mengatakan tidak membahas masalah tersebut dengan Presiden Pena Nieto. (BBC)


(AZF)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

7 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA