Kim Jong-un Gunakan Pesawat Milik PM Tiongkok

Sonya Michaella    •    Senin, 11 Jun 2018 14:44 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Kim Jong-un Gunakan Pesawat Milik PM Tiongkok
Kim Jong-un saat tiba di Singapura dan disambut Menteri Luar Negeri Vivan Balakhrisnan. (Foto: Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura)

Singapura: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Singapura menggunakan maskapai penerbangan milik Tiongkok, Air China. Ternyata, pesawat ini adalah jet pribadi milik Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang.

Dilansir Strait Times, Senin 11 Juni 2018, kesepakatan peminjaman pesawat ini tampaknya terjadi saat Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, bulan lalu.

Pasalnya, pesawat Kim yaitu Chammae-1 urung digunakan karena masalah keamanan terkait kondisi pesawat itu sendiri. 

Pesawat Boeing 747 ini memiliki kode B-2447 yang akan menjadi moda transportasi untuk penumpang biasa ketika tidak digunakan oleh Li.

Namun, ketika berubah menjadi pesawat pribadi Li, interior dalam pesawat itu juga ikut berubah, lengkap dengan ruang tunggu dan kamar tidur. 

Namun tak seperti Air Force One milik Amerika Serikat, B-2447 tidak dilengkapi sistem pertahanan terhadap artileri. 

Kim Jong-un tiba di Bandara Changi Singapura pada 14.26 sore waktu setempat. Menyusul kedatangan Kim, Presiden AS Donald Trump tiba di Pangkalan Udara Paya Lebar sekitar pukul 20.22 malam waktu setempat. 

Besok, keduanya akan bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa, sekitar pukul 09.00 waktu setempat untuk pembicaraan damai.


(WIL)