Diaspora Indonesia Torehkan Prestasi di Illinois

   •    Rabu, 17 May 2017 08:58 WIB
indonesia-as
Diaspora Indonesia Torehkan Prestasi di Illinois
Diaspora Indonesia Torehkan Prestasi di Illinois (Foto: Dok.KJRI Chicago).

Metrotvnews.com, Chicago: Diaspora Indonesia di Chicago, Amerika Serikat (AS) menorehkan kebanggaan untuk Tanah Air. Kontribusi positif untuk penduduk Illinois diberikan oleh diaspora ini.
 
Rashley Yeremia, atau akrab disapa Echi, mendapatkan penghargaan dari Sekretaris Negara Bagian Illinois Jesse White atas kontribusi positifnya bagi penduduk Illinois. 
 
Lulusan Chicago State University ini aktif memberikan jasa desain grafis secara cuma-cuma kepada berbagai organisasi kemasyarakatan. Tidak hanya itu, sebagai seorang pemain tenis di Liga Mahasiswa Amerika (National Collegiate Athletic Association – NCAA), dia juga melatih para remaja, guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat. 


Rashley Yeremia meraih penghargaan dari negara bagian Illinois (Foto: Dok.KJRI Chicago).
 
 
Hal inilah yang membuat Sekretaris Negara Bagian Illinois Jerry White menganugerahkan Community Service Award kepada Rashley Yeremia. 
 
White juga memberikan penghargaan Excellence in Leadership Award kepada Martino Tangkar. Pria asal Malang ini terkenal aktif memimpin berbagai organisasi kemasyarakatan di wilayah mid-west AS. 
 
Martino Tangkar adalah Presiden Indonesia Diaspora Network wilayah mid-west serta Presiden Asian -American Advisory Council for Secretary of State of Illinois periode 2015 – 2017.
Penghargaan untuk Martino Tangkar (Foto: Dok.KJRI Chicago).
 
Kedua penghargaan diserahkan dalam Resepsi Asia Pacific American Heritage Month di Chicago 16 Mei. Hadir dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI di Chicago Rosmalawati Chalid mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. 

"Diharapkan prestasi Martino dan Rashley dapat menjadi inspirasi bagi diaspora Indonesia di luar negeri," ujar Konsul Jenderal RI Rosmalawati Chalid, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima Metrotvnews.com, Rabu 17 Mei 2017.
 
Saat ini, terdapat setidaknya 3 juta diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai benua. KJRI Chicago dan perwakilan RI di seluruh dunia senantiasa berupaya mengayomi dan menjalin kemitraan dengan diaspora dalam mempromosikan Indonesia di mancanegara.



(FJR)